?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F37980%2F&rft.title=LAPORAN+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)+UNY%0D%0ALOKASI%0D%0ASMA+PIRI+1+YOGYAKARTA%0D%0AJln.+Kemuning+14+Baciro+Yogyakarta%0D%0A1+JULI+%E2%80%93+17+SEPTEMBER+2014&rft.creator=Endry+Sulistiya+N%2C+Endry+Sulistiya+N&rft.subject=LPPMP&rft.description=Kegiatan+Praktik+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+merupakan+mata+kuliah%0D%0Ayang+wajib+ditempuh+dalam+setiap+jenjang+S-1+kependidikan.+PPL+yang%0D%0Aberhubungan+langsung+dengan+peserta+didik+merupakan+implementasi+nyata+dari%0D%0Amata+kuliah+Micro+Teaching+yang+telah+diajarkan+dan+merupakan+tempat+untuk%0D%0Amenerapkan+dan+mentransfer+ilmu+yang+selama+ini+telah+dipelajari.%0D%0ASebelum+pelaksanaan+PPL%2C+pembekalan+PPL+dilaksanakan+agar%0D%0Amahasiswa+mempunyai+gambaran+dalam+pelaksanaan+PPL+di+sekolah.+Selain+itu%2C%0D%0Amahasiswa+diberi+kesempatan+untuk+melakukan+observasi+proses+pembelajaran+di%0D%0Akelas+sebelum+penerjunan+PPL.+Observasi+pra-PPL+menyangkut+perangkat%0D%0Apembelajaran+(meliputi+kurikulum%2C+silabus%2C+dan+RPP)%2C+proses+pembelajaran%0D%0A(meliputi+cara+membuka+pelajaran%2C+menyajikan+materi%2C+metode+pembelajaran%2C%0D%0Apenggunaan+bahasa%2C+penggunaan+waktu%2C+gerak%2C+cara+memotivasi+siwa%2C+teknik%0D%0Abertanya%2C+teknik+penguasaan+kelas%2C+penggunaan+media%2C+bentuk+dan+cara+evaluasi%2C%0D%0Aserta+menutup+pelajaran)%2C+dan+perilaku+siswa%2C+baik+di+dalam+maupun+di+luar+kelas.%0D%0ADalam+pelaksanaan+PPL%2C+penulis+mencoba+mengajarkan+materi+sesuai+dengan%0D%0Abidang+keahliannya+yaitu+Pendidikan+Geografi.+Pembagian+jadwal+mengajar%0D%0Adisesuaikan+dengan+jumlah+guru+masuk+kelas+tiap+kelasnya.+Persiapan+mengajar%0D%0Ayang+dibutuhkan+berupa+rencana+pembelajaran+dan+pembuatan+media+yang+sesuai%0D%0Adan+memang+dibutuhkan+dalam+usaha+memperlancar+proses+belajar+mengajar.%0D%0AModel+rencana+pembelajaran+disesuaikan+dengan+permintaan+lapangan.%0D%0ASemua+kegiatan+PPL+secara+keseluruhan+dapat+dilaksanakan+oleh+penulis.%0D%0AKegiatan+PPL+menyangkut+observasi+dalam+kelas%2C+mengajar%2C+dan+evaluasi.+Praktik%0D%0Amengajar+dilaksanakan+sebanyak+7+kali%2C+3+kali+di+kelas+X+MIA+dan+3+kali+di+kelas%0D%0AXI+IIS%2C+dan+1+kali+dikelas+XII+IPS+yang+dimulai+pada+tanggal+14+Agustus+sampai%0D%0Adengan+28+Agustus+2014+dengan+kegiatan+tatap+muka+sebanyak+2+kali+pertemuan%0D%0Atiap+minggu+pada+hari+Senin%2C+Selasa+dan+Kamis.+Setiap+pertemuan+berdurasi+duatiga%0D%0Ajam+pelajaran+(satu+jam+pelajaran+adalah+45+menit).+Sebelumnya+penulis%0D%0Amembuat+persiapan+(perangkat+pembelajaran)+yaitu+rencana+pelaksanaan%0D%0Apembelajaran+(RPP)+dan+media+pembelajaran+yang+dibutuhkan+dalam+kegiatan%0D%0Abelajar+mengajar.+Dengan+Praktik+Pengalaman+Lapangan+ini+penulis+mendapat%0D%0Apengalaman+dalam+pembelajaran+secara+nyata+di+dalam+kelas+beserta%0D%0Apermasalahan+kependidikan+di+sekolah.&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2014&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F37980%2F1%2FHALAMAN%2520DEPAN.pdf&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F37980%2F2%2FLAPORAN%2520PPL%2520GEO.pdf&rft.identifier=++Endry+Sulistiya+N%2C+Endry+Sulistiya+N++(2014)+LAPORAN+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)+UNY+LOKASI+SMA+PIRI+1+YOGYAKARTA+Jln.+Kemuning+14+Baciro+Yogyakarta+1+JULI+%E2%80%93+17+SEPTEMBER+2014.++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++