@techreport{UNY37955, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL UNY 2014 LOKASI SMPN 2 YOGYAKARTA Jl. P.Senopati 28-30, Yogyakarta}, author = {Progam Studi Pendidikan Seni Musik Progam Studi Pendidikan Seni Musik}, journal = {laporan ppl}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, year = {2014}, type = {Project Report}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, url = {http://eprints.uny.ac.id/37955/}, keywords = {PPL UNY, SMP N 2 Yogyakarta, PPL}, abstract = {Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang bersifat teoritis yang telah diterima di perkuliahan. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat di perkuliahan. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktek ini adalah SMP Negeri 2 Yogyakarta, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 1 Juli 2014 hingga tanggal 16 September 2014. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini dilakukan proses pengajaran di kelas sebanyak 3 kali dalam satu kelas yakni kelas. Kelas 9A, 9B, 9C, 9D, 9E, 9F, 9G, 8A, 8B, 8C, CI2 dan 2 kali pertemuan kelas 8G, satu kali pertemuan kelas 8D. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain, diskusi informasi, demonstrasi, dan praktik. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain partitur lagu aransemen dan beberapa alat musik yang dibutuhkan. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupun ekstern, diantaranya dalam pengelolaan kelas yang sulit untuk dikendalikan, karena peserta didik terlalu ramai. Namun, hal ini merupakan suatu kenyataan bahwa anak usia SMP memang dalam perkembangan seperti itu, dan hal ini merupakan suatu proses untuk menuju yang lebih baik. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas} }