eprintid: 37951 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/03/79/51 datestamp: 2016-07-28 08:33:45 lastmod: 2019-01-30 10:06:24 status_changed: 2016-07-28 08:33:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Astiti, Veni title: PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS IV SDN MINOMARTANI 1 NGAGLIK SLEMAN ispublished: pub subjects: pssd_pgsd divisions: fik_olahraga_pgsd_penjas full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Minomartani 1 Ngaglik Sleman melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian 19 siswa kelas IV SDN Minomartani 1 Ngaglik Sleman. Objek penelitian ini adalah proses dan hasil belajar IPS dalam materi perkembangan teknologi. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan adalah 75% dari jumlah siswa mencapai KKM yang ditentukan yaitu ≥ 65. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan proses dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Minomartani 1 Ngaglik Sleman melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching. Proses ditinjau dari langkah-langkah model pembelajaran Quantum Teaching, sedangkan hasil belajar ditinjau dari ketuntasan belajar. Siswa menjadi lebih aktif dan berminat dalam pembelajaran IPS. Siswa sudah berani ketika menyampaikan pendapat dan melakukan presentasi. Ketuntasan belajar IPS pada pra tindakan sebesar 42,11%, pada siklus I pertemuan 1 meningkat menjadi 52,63%, pada siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 68,42%, pada siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi 84,21%, dan pada siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi 89,47%. Kata kunci: hasil belajar IPS, Quantum Teaching, Sekolah Dasar date: 2016-07-28 date_type: published institution: PGSD department: Fakultas Ilmu Pendidikan thesis_type: skripsi citation: Astiti, Veni (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS IV SDN MINOMARTANI 1 NGAGLIK SLEMAN. S1 thesis, PGSD. document_url: http://eprints.uny.ac.id/37951/1/Veni%20Astiti.pdf