eprintid: 37909 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/79/09 datestamp: 2016-07-28 04:34:56 lastmod: 2019-10-01 12:03:41 status_changed: 2016-07-28 04:34:56 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Puspita Wijayati, Puspita Wijayati title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK MUHHAMADIYAH PAKEM TAHUN 2014 ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib tempuh bagi mahasiswa jurusan kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini bersamaan dengan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang berlangsung di SMK Muhammadiyah Pakem dari tanggal 2 Juli s.d 17 September 2014. Tujuan dari pelaksanaan PPL adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa praktikan tentang proses pembelajaran di kelas dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan maupun kependidikan. Selain itu, mahasiswa praktikan juga dituntut untuk mempraktikan ilmu dan pendidikan yang dimilikinya di bangku kuliah. Sebelumnya, mahasiswa praktikan melakukan observasi terhadap proses kegiatan belajar dan mengajar melalui pengamatan secara langsung di kelas. Observasi ini dilakukan untuk mendapatkan data dan gambaran yang jelas mengenai kondisi secara kelas secara umum sehingga mahasiswa praktikan dapat membuat persiapan-persiapan untuk praktik mengajar. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa melalui beberapa tahap, yaitu : pertama, observasi proses kegiatan belajar dengan melihat secara langsung proses KBM di kelas yang dilakukan oleh guru bidang studi sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing. Kedua, mahasiswa mengikuti mata kuliah pengajaran mikro (microteching). Ketiga, mahasiswa praktikan melaksanakan praktek mengajar di sekolah mulai tanggal 11 Agustus s.d 5 September 2014. Mahasiswa praktikan (khususnya penulis) melaksanakan praktek mengajar di kelas X Perbankan Syariah dan XI Teknik Kendaraan Ringan D. Di dalam praktek mengajar, mahasiswa melakukan tahap persiapan seperti penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus, Evaluasi dan Penilaian. Berdasarkan uraian pelaksanaan PPL yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Yogyakarta tanggal 2 Juli sampai penarikan, hasil yang telah dicapai adalah melakukan praktek mengajar dengan tatap muka sebanyak 9 kali dan sudah termasuk ulangan. Pelaksanaan PPL ini dapat berjalan lancar dengan baik berkat kerjasama semua pihak, yaitu mahasiswa, guru pembimbing dan masyarakat lingkungan sekolah. Hasil kegiatan PPL dapat memberikan mahasiswa praktikan pengalaman dan bekal tentang bagaimana menjadi guru yang berdedikasi tinggi dan memiliki loyalitas terhadap institusi. Mahasiswa juga akan mendapatkan arti penting kompetensi kepribadian, sosial, pedagogis, dan profesional. date: 2014 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Puspita Wijayati, Puspita Wijayati (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK MUHHAMADIYAH PAKEM TAHUN 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/37909/1/PUSPITA%20WIJAYATI_111202241038.pdf