@techreport{UNY37901, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, author = {Rohmia Ayu Pristyana Rohmia Ayu Pristyana}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, type = {Project Report}, journal = {laporan ppl}, title = {PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMA NEGERI-2 YOGYAKARTA 1 Juli s/d 17 September 2014}, year = {2014}, url = {http://eprints.uny.ac.id/37901/}, abstract = {Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), merupakan suatu bentuk usaha peningkatan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran yang merupakan bentuk pembelajaran mahasiswa UNY dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk mencari pengetahuan di luar kampus yakni pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidang yang ditekuni, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk melatih mahasiswa untuk menetapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai bidang studinya masing-masing sehingga mahasiswa memiliki pengalaman faktual yang dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan diri sebagai calon tenaga kependidikan yang sadar akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai tenaga akademis kependidikan. Sebelum program Praktek Perngalaman Lapangan terlebih dahulu mahasiswa diberi pembekalan dari jurusan dan diadakan observasi lokasi. observasi dilakukan dengan cara mendatangi langsung lokasi pada awal bulan Juli 2014, kemudian dilakukan juga wawancara dengan beberapa pengurus sekolah, terutama guru pembimbing mata pelajaran khususnya biologi. Harapan yang ingin dicapai adalah mahasiswa dapat meningkatkan pengertian, pemahaman, dan penghayatan tentang pelaksanaan pendidikan, mendapat kesempatan untuk mempraktikan bekal yang telah diperoleh selama perkuliahan ke dalam proses pembelajaran dan kegiatan pendidikan yang lain serta mampu mendewasakan cara berpikir dan meningkatkan daya penalaran mahasiswa dalam melakukan penelaahan, perumusan, dan pemecahan masalah kependidikan yang ada di sekolah.} }