@phdthesis{UNY37898, author = {Devi Ratnasari}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KANTONG BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN BILANGAN SECARA BERSUSUN PADA SISWA KELAS 1 SD N PRAMBANAN SLEMAN}, month = {July}, year = {2016}, school = {PGSD}, url = {http://eprints.uny.ac.id/37898/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggaruh penggunaan media kantong bilangan terhadap hasil belajar matematika penjumlahan bilangan secara bersusun pada siswa kelas 1 SD N Prambanan Sleman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih dibawah KKM. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Type NonEquivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan media kantong bilangan dan kelompok kontrol yang melakukan pembelajaran ceramah. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu media kantong bilangan dan buku paket pelajaran sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar matematika penjumlahan bilangan secara bersusun. Penelitian ini adalah penelitian populatif dengan jumlah populasi sebanyak 52 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes. Teknik analisis data pada penelitian ini mengunakan Uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh penggunaan media kantong bilangan terhadap hasil belajar matematika penjumlahan bilangan secara bersusun pada siswa kelas 1 SD N Prambanan Sleman. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan Uji-t yang menunjukkan bahwa ada perbedaan pada post-test kelompok eksperimen dari kelompok kontrol. Hasil perhitungan Uji-t yaitu thitung sebesar 2,359 dengan taraf signifikansi 0,022. Berdasarkan tabel, nilai t untuk df = 50 adalah 1,684. Dari analisis tersebut diperoleh bahwa thitung lebih besar daripada ttabel (thitung {\ensuremath{>}} ttabel). Kata kunci: media kantong bilangan, hasil belajar, matematika} }