%0 Report %9 Project Report %A Henokh Christianto Purnomo, Henokh Christianto Purnomo %D 2014 %F UNY:37871 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K PPL, SMA Negeri 2 Yogyakarta %T LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015 Bener, Tegalrejo, Yogyakarta %U http://eprints.uny.ac.id/37871/ %X Praktik Pengalam Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa UNY jurusan kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu bentuk cara mahasiswa belajar pengalaman secara langsung menjadi seorang guru/pendidik. Tujuan pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan ketrampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksankan di SMA Negeri 2 Yogyakara selama dua setengah bulan sejak 1 Juli – 17 September 2014. Kegiatan selama menjalani Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) meliputi observasi pembelajaran yang dilaksanakan pada saat KBM berlangsung, melakukan jaga piket di Ruang Piket/Perpustakaan/BK, dan pembuatan administrasi seorang guru yang meliputi analisis hari efektif, program tahunan, program semester, pembuatan RPP, Soal, Analisis hasil belajar, daftar hadir siswa, daftar penilaian, kisi-kisi dan pedoman penskoran. Adapun kegiatan mengajar berupa prakikum di laboratorium dan mengajar secara langsung di kelas. Kegiatan praktik mengajar dimulai dari tanggal 12 Agustus – 11 September dengan jumlah jam mengajar sebanyak 43 jam. Praktik Pengalam Lapangan (PPL) dapat dilaksankan dengan baik dan memenuhi target frekuensi mengajar yang telah ditetapkan sebanyak minimal 8 kali pertemuan. Saran dalam pelaksanaan PPL ke depan adalah terjalinnya komunikasi yang baik antara pihak kampus sebagai penyelenggara PPL dan pihak Sekolah sehingga keduanya mendapatkan manfaat yang sama.