%X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan,penilaian pembelajaran, kesulitan uang ditemui guru dalam pembelajaran IPA berpendekatan saintifik di Kelas IVA SDN Panggang Sedayu Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas IVA, siswa kelas IVA, dan Kepala Sekolah SDN Panggang. Objek penelitian ini adalah kegiatan-kegiatan yang merupakan bentuk pembelajaran IPA berpendekatan saintifik.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan ternik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru adalah mengkaji silabus,serta menyusun RPP yang menjabarkan langkah kegiatan pendekatan saintifik. Guru telah melaksanakan pembelajaran IPA berpendekatan saintifik meliputi mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Pelaksanaan pembelajaran IPA berpendekatan saintifik terlaksana sebesar 82%. Guru telah menggunakan penilaian autentik berupa penilaian sikap, penilaian keterampilan, dan penilaian hasil belajar. Namun guru jarang menggunakan instrumen dan rublik penilaian. Kesulitan yang dialami guru dalam pembelajaran IPA berpendekatan saintifik meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Kata kunci: pembelajaran IPA, pendekatan saintifik %D 2016 %T IDENTIFIKASI KESULITAN PEMBELAJARAN IPA BERPENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IVA SDN PANGGANG SEDAYU KABUPATEN BANTUL %A Ade Ayu Firdausi %I PGSD %L UNY37859