eprintid: 37846 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/03/78/46 datestamp: 2016-07-28 02:40:22 lastmod: 2019-05-09 07:23:42 status_changed: 2016-07-28 02:40:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Prabowo, Adhi title: Perbedaan Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Problem Posing dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD Se-Gugus Ki Hajar Dewantara ispublished: pub subjects: D1 divisions: pps_pd full_text_status: public keywords: problem solving, problem posing, saintifik, berpikir kritis, komunikasi matematis abstract: Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk: (1) menguji perbedaan efektivitas model pembelajaran Problem Solving dan model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis; (2) mengungkapkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan saintifik; (3) mengungkapkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan saintifik. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest non-equivalent comparison-group design. Sampel penelitian adalah SDN 1 Jenarlor, SDN 1 Jenarwetan, dan SDN 2 Jenarwetan. Pemilihan kelompok eksperimen menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Tes digunakan un¬tuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis. Analisis data menggunakan uji T2 Hotelling’s. Berdasarkan hasil analisis data secara manual diperoleh Fobs>Ftabel dan dengan bantuan software SPSS versi 16.0 diperoleh sig<0,05, sehingga H0 ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan efektivitas model pembelajaran Problem Solving dan model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis; (2) model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan saintifik lebih efektif daripada model pembelajaran Problem Solving dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis; (3) model pembelajaran Problem Solving dan model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan saintifik masing-masing dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. date: 2016-06-30 date_type: published institution: UNY department: Program Pascasarjana thesis_type: tesis citation: Prabowo, Adhi (2016) Perbedaan Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Problem Posing dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD Se-Gugus Ki Hajar Dewantara. S2 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/37846/1/tesis-adhi-prabowo-14712251005.swf