TY - THES AV - public A1 - Prabowo, Adhi PB - UNY TI - Perbedaan Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Problem Posing dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD Se-Gugus Ki Hajar Dewantara KW - problem solving KW - problem posing KW - saintifik KW - berpikir kritis KW - komunikasi matematis ID - UNY37846 Y1 - 2016/06/30/ UR - http://eprints.uny.ac.id/37846/ N2 - Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk: (1) menguji perbedaan efektivitas model pembelajaran Problem Solving dan model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis; (2) mengungkapkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan saintifik; (3) mengungkapkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan saintifik. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest non-equivalent comparison-group design. Sampel penelitian adalah SDN 1 Jenarlor, SDN 1 Jenarwetan, dan SDN 2 Jenarwetan. Pemilihan kelompok eksperimen menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Tes digunakan un¬tuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis. Analisis data menggunakan uji T2 Hotelling?s. Berdasarkan hasil analisis data secara manual diperoleh Fobs>Ftabel dan dengan bantuan software SPSS versi 16.0 diperoleh sig<0,05, sehingga H0 ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan efektivitas model pembelajaran Problem Solving dan model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis; (2) model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan saintifik lebih efektif daripada model pembelajaran Problem Solving dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis; (3) model pembelajaran Problem Solving dan model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan saintifik masing-masing dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. M1 - tesis ER -