%0 Thesis %9 S2 %A Sulianti, Ani %B Program Pascasarjana %D 2016 %F UNY:37834 %I UNY %K inkuiri, berpikir kritis, hasil belajar, problem based learning, pendidikan pancasila dan kewarganegaraan %T Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan %U http://eprints.uny.ac.id/37834/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap: (1) keterampilan berpikir kritis, (2) hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 3 Lumajang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Lumajang pada bulan Desember 2015 sampai dengan bulan Februari 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X semester genap di SMA Negeri 3 Lumajang sebanyak 235 siswa. Sampel penelitian ini adalah tiga kelas yang terbagi menjadi kelas eksperimen 1 sebanyak 29 siswa, kelas eksperimen 2 sebanyak 28 siswa, dan kelas kontrol sebanyak 33 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Penerapan model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran PPKn di SMA Negeri 3 Lumajang. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Pada kelas eksperimen 1 (inkuiri) dengan kelas kontrol (problem-based learning) nilai p lebih kecil dari 0,05 (p= 0,003 < 0,05), sedangkan kelas eksperimen 2 dengan kelas kontrol memiliki nilai p= 0,000 < 0,05. (2) Penerapan model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKn di SMA Negeri 3 Lumajang. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Pada kelas eksperimen 1 (inkuiri) dengan kelas kontrol (problem-based learning) nilai p lebih kecil dari 0,05 (p= 0,000 < 0,05), sedangkan kelas eksperimen 2 (inkuiri) dengan kelas kontrol (problem-based learning) memiliki nilai p= 0,000 < 0,05.