%0 Thesis %9 S1 %A Slamet Widodo %A Herwin, %B Kepelatihan olahraga %D 2016 %F UNY:37713 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K Kurikulum, Sekolah Sepak bola, Pendidikan Kepelatihan Olahraga. %T PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH SEPAK BOLA (SSB) BERBASIS PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA %U http://eprints.uny.ac.id/37713/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan sebuah kurikulum sekolah sepak bola berbasis pendidikan kepelatihan olahraga. Kurikulum Sekolah Sepak Bola (SSB) dinyatakan layak oleh ahli materi kepelatihan, ahli kurikulum olahraga dan pelatih Sekolah Sepak Bola (SSB). Penelitian dan pengembangan yang dilakukan mengacu pada prosedur pengembangan Borg dan Gall (1983) yang disederhanakan hanya pada batas uji validasi ahli dan revisi produk. Pengambilan data dilakukan dengan validasi ahli, yaitu ahli materi kepelatihan , ahli kurikulum dan pelatih Sekolah Sepak Bola (SSB). Analisis data dilakukan dengan mengubah data kuantitatif ke data kualitatif dengan menggunakan pedoman skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum sekolah sepak bola yang di kembangkan dinyatakan layak, berdasarkan validasi ahli materi kepelatihan yang dilihat dari beberapa aspek. Aspek kualitas isi materi kurikulum dengan tingkat kelayakan 72%. Aspek isi materi kurikulum dengan tingkat kelayakan 94%. Aspek sajian kurikulum dengan tingkat kelayakan 66%. Aspek konsep kepelatihan olahraga dengan tingkat kelayakan 60%. Sedangkan penilaian kelayakan dari ahli kurikulum berdasarkan aspek konsep dasar kurikulum dengan tingkat kelayakan 72%. Aspek tahap pengembangan kurikulum dengan tingkat kelayakan 82%. Aspek kualitas materi kurikulum dengan tingkat kelayakan 68%. Penilaian kelayakan pelatih sepak bola berdasarkan aspek kurikulum dengan tingkat kelayakan 69%. Aspek desain kurikulum dengan tingkat kelayakan 65%. Aspek materi dengan tingkat kelayakan 69%. Secara keseluruhan penilaian kelayakan kurikulum sebesar 68% dengan kategori “Baik”.