@phdthesis{UNY37699, month = {July}, author = {Agus Setyo Bangun}, title = {PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN MATA PELAJARAN PEKERJAAN LOGAM DASAR BAGI SISWA KELAS 1 SMK PIRI SLEMAN}, school = {U N Y}, year = {2016}, url = {http://eprints.uny.ac.id/37699/}, abstract = {PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN MATA PELAJARAN PEKERJAAN LOGAM DASAR BAGI SISWA KELAS 1 SMK PIRI SLEMAN Sebagai upaya untuk mendapatkan hasil penilaian yang dapat mengungkap ketercapaian kompetensi peserta didik, penilaian guna memperoleh suatu acuan dalam melakukan penilaian. dari penelitian ini adala pelajaran Pekerjaan Logam D baik dari segi isi, cakupan, maupun bentuk Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengg penelitian pengembangan ( di SMK PIRI SLEMAN kognitif mata pelajaran Tekhnik Mesin SMK PIRI SLEMAN sebanyak 30 siswa. Pengembangan Pekerjaan Logam Dasar Penyusunan kisi-kisi, kualitatif, 5) Ujicoba soal hasil tes. Perangkat peni fungsi, dan cara penggunaan perkakas tangan. Adapun bentuk soalnya adalah pilihan ganda. Dari hasil uji pelajaran Pekerjaan Logam D sebanyak 18 butir soal dinyatakan gugur. Penyebab soal gugur karena tingkat kesulitan termasuk kategori mudah dan daya beda yang jelek vii ABSTRAK PRESTASI BELAJAR Oleh: Agus setyo bangun NIM. 06503241030 paian diperlukan pengembangan perangkat adalah mengembangkan perangkat penilaian Dasar yang dapat memberikan informasi bagi sekolah, bentuk. menggunakan pendekatan Research and Development). Penelitian ini dilakukan program keahlian Teknik mesin. Uji coba soal aspek Pekerjaan Logam Dasar diberikan pada siswa kelas 1 esin perangkat penilaian aspek kognitif mata pelajaran asar dilakukan melalui 7 tahap yaitu: 1) Penentuan tujuan , 3) Penulisan butir-butir soal/tes, 4) Telaah s soal, 6) Telaah butir atau analisis kuantitatif, penilaian yang dikembangkan mengungkap materi jenis, ujicoba soal perangkat penilaian aspek kog Dasar, dapat diketahui dari 50 butir soal yang dibuat jelek. Tujuan utama laian untuk mata unakan elitian kan nitif : tujuan, 2) soal atau analisis f, 7) Pemanfaatan laian kognitif mata} }