?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F37694%2F&rft.title=LAPORAN+INDIVIDU%0D%0AKEGIATAN+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)%0D%0ASMK+NEGERI+5+YOGYAKARTA%0D%0AJl.+Kenari+no.+71+Yogyakarta%2C+1+Juli-+17+September+2014&rft.creator=Yoshinta+Mei+Kusumawati%2C+Yoshinta+Mei+Kusumawati&rft.subject=LPPMP&rft.description=Praktik+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+merupakan+salah+satu+mata+kuliah+yang+wajib+ditempuh+oleh+seluruh+mahasiswa+UNY+jurusan+S1+untuk+memperoleh+gelar+sarjana+kependidikan.+Dengan+adanya+kegiatan+Praktik+Pengalaman+Lapangan+diharapkan+mahasiswa+dapat+memperoleh+pengalaman+dalam+melakukan+kegiatan+mengajar+dalam+kelas%2C+sehingga+akan+menjadikan+calon+pendidik+yang+profesional+dan+tanggap+dalam+mengikuti+perkembangan+ilmu+pendidikan.+Kompetensi+mahasiswa+sebagai+calon+pendidik+yang+meliputi+kompetensi+pedagogik%2C+kompetensi+kepribadian%2C+kompetensi+profesional%2C+dan+kompetensi+sosial%2C+juga+dikembangkan+dalam+kegiatan+ini.+Kegiatan+PPL+ini+berupaya+untuk+meningkatkan+kemampuan+mengajar+khususnya+mencakup+variabel+dinamis%2C+antara+lain%3A+pemahaman+karakteristik+peserta+didik%2C+kemampuan+merancang+pembelajaran%2C+kemampuan+mengelola+kelas%2C+kemampuan+mengembangkan+media%2C+strategi+pembelajaran%2C+dan+kemampuan+evaluasi.+PPL+sebagai+muara+dari+seluruh+program+pendidikan+pra-jabatan+guru.+PPL+dilaksanakan+secara+terjadwal+setelah+mahasiswa+mendapatkan+bekal+yang+memadai+dalam+berbagai+bidang+yang+berkaitan+dengan+tugasnya+sebagai+guru+yang+telah+dipelajari+secara+bertahap+sejak+semester+awal+khususnya+melalui+pembekalan+dan+kuliah+micro+teaching+sebagai+modal+awal+pengalaman+mengajar.%0D%0APraktik+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+dilaksanakan+di+SMKN+5+Yogyakarta%2C+tepatnya+di+JL.+Kenari+Yogyakarta+ini+dimulai+pada+tanggal+11+Juli+2014+dan+diakhiri+pada+tanggal+17+September+2014.+Sebelum+melakukan+PPL+mahasiswa+mengadakan+observasi+terhadap+kegiatan+pembelajaran+yang+ada+di+SMKN+5+Yogyakarta.+Observasi+tersebut+dilaksanakan+pada+tanggal+9+Februari+sampai+dengan+2+Maret+2014.+Dengan+adanya+observasi+ini+mahasiswa+dapat+mengetahui+kondisi+nyata+situasi+kegiatan+belajar+mengajar+(KBM)+dalam+kelas+yang+dilakukan+oleh+Guru.+Sehingga+berbagai+data+terkait+proses+kegiatan+pembelajaran+dapat+diperoleh+mahasiswa+diantaranya+media+yang+digunakan+dalam+KBM%2C+potensi+siswa+dalam+kelas%2C+faktor+penghambat+kegiatan+KBM+dan+sebagainya.+Data+tersebut+dapat+digunakan+sebagai+modal+untuk+mempersiapkan+kegiatan+mengajar+selama+PPL.+Dalam+kegiatan+PPL+ini+penulis+memperoleh+mata+pelajaran+kompetensi+kejuruan+kriya+tekstil.+Mata+pelajaran+ini+adalah+mata+pelajaran+teori+dan+praktek+yang+diberikan+pada+kelas+X%2C+XI+dan+XII+kriya+tekstil.%0D%0ADengan+selesainya+kegiatan+PPL+ini+mahasiswa+dapat+mengembangkan+potensi-potensi+dalam+dirinya+sebagai+calon+tenaga+pendidik.+Sehingga+nantinya+dapat+menjadi+guru+yang+profesional+di+bidangnya+dan+senantiasa+mampu+mengembangkan+metode-metode+dalam+pelaksanaan+kegiatan+KBM+secara+optimal.&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2014&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F37694%2F1%2FCOVER%2520to%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F37694%2F2%2FISI%2520LAPORAN.pdf&rft.identifier=++Yoshinta+Mei+Kusumawati%2C+Yoshinta+Mei+Kusumawati++(2014)+LAPORAN+INDIVIDU+KEGIATAN+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)+SMK+NEGERI+5+YOGYAKARTA+Jl.+Kenari+no.+71+Yogyakarta%2C+1+Juli-+17+September+2014.++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++