?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F37684%2F&rft.title=LAPORAN+INDIVIDU%0D%0AKEGIATAN+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)%0D%0ASMK+NEGERI+5+YOGYAKARTA%0D%0AJl.+Kenari+no.+71+Yogyakarta%2C+2+Juli+-+17+September+2014&rft.creator=Nurul+Hidayah%2C+Nurul+Hidayah&rft.subject=LPPMP&rft.description=Praktik+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+merupakan+salah+satu+mata+kuliah+yang+wajib+ditempuh+oleh+seluruh+mahasiswa+UNY+jurusan+S1+untuk+memperoleh+gelar+sarjana+kependidikan.+Dengan+adanya+kegiatan+Praktik+Pengalaman+Lapangan+diharapakan+mahasiswa+dapat+memperoleh+pengalaman+dalam+melakukan+kegiatan+mengajar+dalam+kelas%2C+sehingga+akan+menjadikan+calon+pendidik+yang+profesional+dan+tanggap+dalam+mengikuti+perkembangan+ilmu+pendidikan.+Kompetensi+mahasiswa+sebagai+calon+pendidik+yang+meliputi+kompetensi+pedagogik%2C+kompetensi+kepribadian%2C+kompetensi+profesional%2C+dan+kompetensi+sosial%2C+juga+dikembangkan+dalam+kegiatan+ini.+Dengan+adanya+kegiatan+Praktik+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+ini+diharapkan+mahasiswa+mempunyai+bekal+dan+pengalaman+sebagai+calon+pendidik+yang+berkualitas.+Program+PPL+di+SMK+N+5+Yogyakarta%2C+dilaksanakan+pada+tanggal+2+Juli+2014+sampai+dengan+17+September+2014.+Sebelum+merencanakan+dan+menyusun+program+PPL%2C+dilakukan+observasi%2C+yang+berupa+observasi+fisik+dan+non+fisik+serta+observasi+pembelajaran+di+kelas.+Kegiatan+PPL+mencakup+beberapa+kegiatan%2C+antara+lain%3A+observasi+kelas%2C+menyusun+perangkat+pembelajaran%2C+persiapan+mengajar+(membuat+media%2F+materi+pembelajaran)%2C+praktik+mengajar%2C+evaluasi+pembelajaran%2C+dan+pendamping+guru+dalam+kegiatan+praktikum.%0D%0AKegiatan+PPL+ini+berupaya+untuk+meningkatkan+kemampuan+mengajar+khususnya+mencakup+variabel+dinamis%2C+antara+lain%3A+pemahaman+karakteristik+peserta+didik%2C+kemampuan+merancang+pembelajaran%2C+kemampuan+mengelola+kelas%2C+kemampuan+mengembangkan+media%2C+strategi+pembelajaran%2C+dan+kemampuan+evaluasi.+PPL+sebagai+muara+dari+seluruh+program+pendidikan+pra-jabatan+guru.+PPL+dilaksanakan+secara+terjadwal+setelah+mahasiswa+mendapatkan+bekal+yang+memadai+dalam+berbagai+bidang+yang+berkaitan+dengan+tugasnya+sebagai+guru+yang+telah+dipelajari+secara+bertahap+sejak+semester+awal+khususnya+melalui+pembekalan+dan+kuliah+micro+teaching+sebagai+modal+awal+pengalaman+mengajar.+Melalui+PPL%2C+mahasiswa+calon+guru+diterjunkan+ke+sekolah+untuk+mengamati%2C+mengenal+dan+belajar+mempraktikkan+semua+kompetensi+mengajar+yang+telah+dipelajari+di+bangku+kuliah%2C+sehingga+mendapatkan+pengalaman+kependidikan+secara+faktual+di+lapangan+dengan+bimbingan+dan+arahan+dari+guru+pembimbing%2C+dosen+pembimbing+dan+koordinator+KKN-PPL+di+Sekolah.%0D%0ADalam+kegiatan+PPL+di+SMK+N+5+Yogyakarta%2C+penyusun+mendapatkan+kesempatan+praktik+mengajar+di+kelas+X+Tekstil+A%2C+kelas+XI+Tekstil+A+dan+B%2C+XII+Tekstil+A+danB+Materi+yang+diajarkan+ialah+berupa+dasar-dasar+kriya+dan+kompetensi+kejuruan+(Jahit%2C+Sablon).+Dengan+selesainya+kegiatan+PPL+ini+mahasiswa+dapat+mengembangkan+potensi-potensi+dalam+dirinya+sebagai+calon+tenaga+pendidik.+Sehingga+nantinya+dapat+menjadi+guru+yang+profesional+di+bidangnya+dan+senantiasa+mampu+mengembangkan+metode-metode+dalam+pelaksanaan+kegiatan+KBM+secara+optimal.&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2014&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F37684%2F1%2Fcover.pdf&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F37684%2F2%2FISI%2520%2520nurul.pdf&rft.identifier=++Nurul+Hidayah%2C+Nurul+Hidayah++(2014)+LAPORAN+INDIVIDU+KEGIATAN+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)+SMK+NEGERI+5+YOGYAKARTA+Jl.+Kenari+no.+71+Yogyakarta%2C+2+Juli+-+17+September+2014.++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++