%L UNY37659 %X Metode ceramah masih mendominasi pembelajaran di kelas sehingga keaktifan siswa pada pembelajaran IPS masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan penerapan metode Make a Match dan metode Everyone is Teacher Here dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPS kelas VII SMP N 1 Pakem Sleman. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik Simple Random Sampling yaitu dipilih dengan cara pengundian. Setelah dilakukan pengundian terpilihlah kelas VII D sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis independet t-test untuk perhitungan angket akhir dan gain score angket (selisih antara angket awal dan angket akhir). Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa terdapat perbedaan signifikan penerapan metode Make a Match dan metode Everyone is Teacher Here dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPS kelas VII SMP N 1 Pakem Sleman. Letak perbedaan pada penelitian ini yaitu hasil score angket pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Metode yang lebih baik digunakan dalam meningkatkan keaktifan siswa SMP N 1 Pakem yaitu metode Everyone is Teacher Here. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji-t (independent t-tes) gain score angket yang menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabel (3,443>2,388) dan dilihat dari nilai probabilitas (sig) 0,000<0,05. Kata kunci: Metode Make a Match, Metode Everyone is Teacher Here, Keaktifan Siswa, Pembelajaran IPS %D 2016 %I FIS %A Pitri Dwi Astuti %T PERBEDAAN METODE MAKE A MATCH DAN METODE EVERYONE IS TEACHER HERE DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VII SMP N 1 PAKEM SLEMAN