TY - JOUR N2 - ABSTRAK Kegiatan PPM ini dimaksudkan untuk : memperkenalkan alternatif model pelatihan bagi guru-guru dalam meningkatkan kualitas pembelajarannya, meningkatkan kerjasama dan kolaborasi antara Dinas Pendidikan, Universitas, dan Sekolah dalam membangun pendidikan yang berkualitas, dan membangun kesejawatan di antara para guru, baik dengan guru-guru dalam satu sekolah, maupun dengan guru-guru dari sekolah lain dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Lesson Study adalah suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun learning community. Lesson study dapat merupakan suatu kegiatan pembelajaran dari sejumlah guru dan pakar pembelajaran yang mencakup 3 (tiga) tahap kegiatan, yaitu perencanaan (planning), implementasi (action/do) pembelajaran dan observasi serta refleksi (reflection/see) terhadap perencanaan dan implementasi pembelajaran tersebut, dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran. Khalayak sasaran sosialisasi Lesson Study ini adalah guru-guru SMP di Kecamatan Pengasih Kulon Progo Yogyakarta. Pada kegiatan saat ini sasaran yang diharapkan sebanyak 20 orang guru. Pelatihan Lesson Study ini dilaksanakan melalui kegiatan sebagai berikut. 1. Penjelasan umum mengenai Prinsip Dasar Lesson Study. 2. Pemutaran rekaman Lesson Study di Jepang dan di Indonesia. 3. Workshop penyusunan perangkat pembelajaran untuk Lesson Study. Peserta dibagi menjadi 2 kelompok yaitu guru MIPA dan guru Non MIPA. 4. Praktik menyelenggarakan Lesson Study (Open Lesson) di sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan pada pertemuan ke tiga. Setiap kelompok melaksanakan pembelajaran, dengan salah satu guru berperan sebagai guru model, guru yang lain sebagai observer. Akhir dari pembelajaran diikuti dengan refleksi terhadap pelaksanaan Lesson Study. Dilihat dari indikator keberhasilnya, maka pelatihan ini telah berhasil dilaksanakan dengan baik. Pelatihan dihadiri oleh 28 orang guru dari target 20 orang. Pada kegiatan ini juga dihasilkan rencana pembelajaran sebanyak 2 buah yang telah dilakukan pembahasan secara mendalam. Hasil yang lain berupa CD rekaman pelaksanaan Leson Study. Tanggapan peserta pelatihan terhadap kegiatan ini sangat bagus, terbukti semua peserta menyatakan bahwa Lesson Study merupakan suatu bentuk pelatihan yang berbeda dengan pelatihan-pelatihan yang lain. Peserta mengharapkan ada pelatihan lanjutan untuk semakin memperkuat pengalaman yang diperoleh selama pelatihan. Sedang dari Dinas Pendidikan mengharapkan agara pelatihani ini bisa diperluas ke guru-guru lain yang belum mengikuti pelatihan. JF - INOTEK A1 - Suratsih, M.Si AV - public TI - PELATIHAN LESSON STUDY BAGI GURU SMP KECAMATAN PENGASIH KULONPROGO YOGYAKARTA ID - UNY3761 UR - http://eprints.uny.ac.id/3761/ ER -