<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Multimedia Pembelajaran Rias Pengantin Corak\r\nPaes Ageng"^^ . "Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menghasilkan produk software multimedia pembelajaran yang layak untuk mendukung pembelajaran rias pengantin corak Paes Ageng; 2) Mengetahui apakah produk yang dihasilkan layak digunakan sebagai\r\nsumber belajar; dan 3) Mengetahui apakah produk yang dihasilkan dapat membantu mahasiswa mencapai kompetensi dasar pada materi rias pengantin corak Paes Ageng.\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dilakukan dengan menempuh empat tahap yaitu: studi pendahuluan, perencanaan, desain, dan pengembangan. Responden uji coba berjumlah 55 orang,\r\nyakni satu orang ahli materi, satu orang ahli media pembelajaran, dan 53 mahasiswa semester VI Program Studi Tata Rias dan Kecantikan Fakultas Teknik Universitas\r\nNegeri Yogyakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data meliputi analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif\r\nberupa kritik, saran dan masukan dari ahli materi, ahli media, dan mahasiswa dihimpun dan disarikan untuk memperbaiki produk yang dikembangkan. Data kuantitatif berupa data ordinal dianalisis menggunakan modus.\r\nHasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (a) Ahli materi menilai aspek kemanfaatan produk kategori sangat baik, dan aspek kualitas materi kategori baik (b)\r\nAhli media menilai aspek keefektifan disain layar untuk performa tampilan, aspek kemudahan pengoperasian, aspek keefektifan navigasi, dan aspek kemanfaatan produk dengan kategori sangat baik. (c) Pengguna yang berjumlah sembilan orang menilai aspek kemudahan produk dioperasikan dan aspek kemenarikan tampilan menurut pengguna sangat baik, serta aspek kemudahan produk untuk dipelajari isinya kategori baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk layak digunakan sebagai multimedia pembelajaran rias pengantin corak Paes Ageng. Implementasi produk multimedia ini dalam pembelajaran dapat meningkatkan kompetensi dasar mahasiswa\r\nyang dibuktikan dengan peningkatan rerata nilai posttest. Kelas yang menggunakan multimedia pembelajaran, dengan jumlah 22 mahasiswa memiliki rerata nilai pretest 43,59 menjadi 80,45, naik sebesar 37,5. Kelas yang tidak menggunakan multimedia pembelajaran, dengan jumlah 22 mahasiswa memiliki rerata nilai pretest 39,95 menjadi 71,95, naik sebesar 32. Perbandingan hasil rerata nilai posttest pada kedua kelas tersebut sebesar 8,5."^^ . "2012-07-31" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Asi"^^ . "Tritanti"^^ . "Asi Tritanti"^^ . . . . . . "Pengembangan Multimedia Pembelajaran Rias Pengantin Corak\r\nPaes Ageng (Text)"^^ . . . "tesis-asi-tritanti-07707251007.swf"^^ . . "HTML Summary of #37598 \n\nPengembangan Multimedia Pembelajaran Rias Pengantin Corak \nPaes Ageng\n\n" . "text/html" . . . "Teknologi Pendidikan"@en . .