%0 Report %9 Project Report %A Esty Zyadatul Khasanah, Esty Zyadatul Khasanah %D 2014 %F UNY:37553 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SLB E PRAYUWANA Jl. NGADISURYAN NO. 2 YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/37553/ %X Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2014 merupakan program kerja sama antara LPPMP dengan lembaga atau sekolah. Kegiatan PPL bertujuan untuk mengembangkan kecakapan mahasiswa dalam menyampaikan dan mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan selama perkuliahan di kampus. Sesuai dengan Tri Dharma Pergururan Tinggi yang ketiga, yaitu pengabdian kepada masyarakat, maka sudah menjadi tanggung jawab seorang mahasiswa atau dalam hal ini mahasiswa jurusan kependidikan untuk mengembangkan kompetensi mengajarnya dengan cara melaksanakan praktik mengajar secara langsung di sekolah. Kegiatan PPL UNY 2014 di SLB E Prayuwana dilaksanakan dari bulan Februari hingga September 2014. Untuk kegiatan PPL bagi jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) sendiri pelaksanaannya dibagi menjadi dua tahap, yakni PPL I dan PPL II. Dalam PPL I kegiatan difokuskan pada proses asesmen dan observasi tahap awal. Kemudian dari hasil yang didapatkan di PPL I digunakan untuk bekal melaksanakan PPL II yakni kegiatan praktik mengajar. Kegiatan PPL II dilaksanakan mulai bulan Juli sampai September dengan agenda praktik mengajar yang sebelumnya telah dilakukan observasi dan persiapan lebih lanjut. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan selama PPL 1, subjek merupakan siswa kelas 4 SDLB dengan gangguan yaitu Tuna Laras. Proses praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 10 kali pertemuan Semua pelaksanaan praktik mengajar tersebut dapat terlaksana berkat bantuan dari berbagai pihak. Jadi, dapat dikatakan bahwa secara umum pelaksanaan PPL Reguler UNY 2014-2015 berjalan dengan lancar. Dengan demikian, setelah melaksanakan kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat memperoleh tambahan ilmu dan pengalaman nyata yang nantinya berguna untuk bekal sebagai pendidik di masa mendatang.