TY - THES N2 - PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PENGURUS ORGANISASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013 Nama : Heri Tesdawanto / 11502247013 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, terhadap prestasi belajar siswa pengurus organisasi kegiatan ekstrakurikuler smk negeri 3 yogyakarta tahun ajaran 2012/2013, (2) Pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pengurus organisasi kegiatan ekstrakurikuler smk negeri 3 yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 (3) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa pengurus organisasi kegiatan ekstrakurikuler smk negeri 3 yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 (4) Pengaruh keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa pengurus organisasi kegiatan ekstrakurikuler smk negeri 3 yogyakarta tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bersifat deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa pengurus organisasi kegiatan ekstrakurikuler SMK N 3 Yogyakarta sebanyak 80 siswa. Metode pengambilan data menggunakan metode dokumentasi dan kuesioner. Validitas instrumen penelitian dilakukan melalui expert judgment dan analisis butir yang dihitung dengan rumus korelasi Product moment. Reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbrach. Uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis regresi sederhana dan regresi ganda 3 prediktor pada taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1)Tidak adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler (X1) terhadap prestasi belajar siswa (Y), Ditunjukkan dengan nilai (0,137) yang lebih kecil dari (0,220). Dan nilai t untuk taraf kesalahan 5% uji dua fihak dan N=80, maka diperoleh t tabel = 2,000 nilai t hitung = -1,224. (2) Tidak adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah (X2) terhadap prestasi belajar siswa (Y), Ditunjukkan dengan nilai (0,045) < (0,220). Dan nilai t hitung = 0,400 (0,220). (4) Terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan antara Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah, lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga secara bersama ? sama terhadap Prestasi Belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan harga r hitung > r tabel.Harga dengan taraf signifikansi 5 % dan N = 80 adalah 0,220. harga = 0,309. Nilai determinasi f sebesar 2,683. Dibandingkan dengan nilai F tabel pada taraf signifikansi 5% dan dk 3:80 yaitu sebesar 2,72 maka nilai Fhitung < Ftabel dan p value sebesar 0.053 lebih besar dari 0,05. keywords : keaktifan siswa, ekstrakurikuler, lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, prestasi belajar Y1 - 2016/07/26/ A1 - Tesdawanto, Heri PB - U N Y TI - PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PENGURUS ORGANISASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013 AV - public ID - UNY37524 M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/37524/ ER -