%T Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT ( Together) untuk Meningkatkan pada Materi Alat Ukur %I U N Y %D 2016 %L UNY37520 %A Hendra Gunawan %X Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT ( Together) untuk Meningkatkan pada Materi Alat Ukur Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan prestasi belajar siswa Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Mesin A yang terdiri dari 17 siswa. Penelitian ini siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan t observasi, serta refleksi dan evaluasi. dokumentasi, dan tes hasil belajar. Analisis data y penyajian data, dan analisis tes hasil belajar. ini adalah tercapainya Kriteria ketuntasan Minimal Alat Ukur bagi 80 % keseluruhan siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa NHT dapat meningkatkan PIRI Sleman, dengan cara yang diteraplkan 1) membagi kelompok 4 secara acak 5) memberikan waktu persentasi persentasi 7) memberikan tes memberikan motivasi kepada siswa. H saat proses pembelajaran siklus I pertemuan pertama menjadi sebesar 72,58% p lebih meningkat menjadi (2) terdapat peningkatan belajar siswa pada siklus siswa atau 35,29% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 10 tuntas atau 58,82% dan me tuntas atau 100%. Indikator ke dengan hasil belajar siswa pada Materi Alat Ukur di 78 untuk 80% dari keseluruhan siswa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa p kelas X Mesin A SMK PIRI Sleman. Kata kunci : model pembelajaran ��� Numbered Head Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa di SMK PIRI Sleman Oleh Hendra Gunawan 08503244008 ABSTRAK bagaimana meningkatkan aktivitas pada Materi Alat Ukur Siswa kelas X Mesin A SMK PIR tindakan kelas Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X dilakukan selama 3 siklus. tindakan, pelaksanaan tindakan, Pengumpulan data mengguna yang digunakan adalah reduksi data, Indikator dalam keberhasilan penelitian (KKM) sebesar 78 litian model pembelajaran kooperatif tipe aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas X m , membuat rancangan RPP dan LKS 2) 4-5 siswa 3) membagikan LKS 4) pemanggilan nomor NHT pada siswa 6) menyimpulkan hasil sebagai evaluasi 8) menutup pelajaran dengan berikan Hal ini dibuktikan dengan aktivitas belajar siswa sebesar 58% pada pertemuan kedua, siklus II Aktivitas Belajar Si jadi 76,19% dan meningkat lagi menjadi 82,48% I jumlah siswa yang tuntas adala mengalami peningkatan pada siklus III yaitu %. keberhasialan penelitian ini telah tercapai, ditunjukkan diperoleh melebihi KKM sebesar tuk siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (Numbered Head Together) pada Materi Alat Ukur siswa embelajaran, kooperatif, NHT (Numbered Head Toge PIRI (action research) Setiap indakan, menggunakan observasi, ang untuk Materi odel mesin A SMK al 43,80% meningkat ada Siswa 48% Pada siklus III. adalah 6 siswa yang ngalami 17 siswa yang peroleh dapat ada Together)