TY - RPRT A1 - SUSAN MARDIANA, SUSAN MARDIANA M1 - project_report UR - http://eprints.uny.ac.id/37488/ AV - public TI - LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK PIRI 3 YOGYAKARTA Jalan M.T. Haryono No. 23, Pugeran, Yogyakarta D.I. YOGYAKARTA ID - UNY37488 N2 - Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan latihan kependidikan bersifat intrakulikuler dan wajib dilakukan oleh mahasisiwa UNY yang bertujuan agar mahasiswa memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan sehingga dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan dan atau kependidikan yang profesional yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan. Selain mahasiswa dapat belajar dari kenyataan yang terjadi di lapangan, diharapkan pula mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan, dengan demikian mahasiswa dapat memberi dan menerima berbagai keilmuan yang dapat menghantarkan mahasiswa menjadi calon tenaga pendidik profesional. SMK PIRI 3 Yogyakarta berlokasi di Jalan MT Haryono No.23, Pugeran, Yogyakarta. SMK PIRI 3 Yogyakarta merupakan sekolah yang memiliki visi untuk menghasilkan tamatan yang cerdas, terampil, dan berjiwa damai seiring perkembangan IPTEK. Berdasarkan analisis siatuasi yang dilakukan pada SMK PIRI 3 Yogyakarta terhadap kondisi sekolah secara keseluruhan baik dari fisik, potensi siswa, guru dan karyawan, serta fasilitas yang disediakan sekolah maka mahasiswa kemudian merancang kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK PIRI 3 Yogyakarta yang terkait dengan kebutuhan pembelajaran. Pelaksanaan PPL ini praktikan dibimbing oleg guru pembimbing yang senantiasa memberikan arahan serta pengalamannya terkait dengan profesinya sebagai guru. Pengalaman Praktik mengajar praktikan terlaksana dengan 9 kali mengajar di 2 kelas yang berbeda. Mahasiswa mengajar 4 kali tatap muka di kelas X AK dan 5 kali tatap muka di kelas X AP untuk mata pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan. Praktik mengajar yang mahasiswa lakukan ditunjang dengan penggunaan metode serta media pembelajaran yang berbeda guna mengaktifkan siswa dalam belajar. Seluruh rangkaian kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah praktikan laksanakan telah memberikan banyak pengalaman serta pengetahuan mengenai menjadi guru yang profesional yang senantiasa menjunjung kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Diharapkan program PPL UNY yang setiap tahun dilaksanakan akan semakin baik dengan prosedur serta pembagian kuota serta kebutuhan mahasiswa di sekolah yang lebih adil dan merata. Y1 - 2014/// PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta ER -