%D 2016 %A Wistyan Okky Saputra %I FIS %T Efektivitas Cooperative Learning (TGT) dengan Media Permainan Monopoli dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar PPKn di SMA N 2 Wonosari %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model cooperative learning tipe team games tournament (TGT) dengan media permainan monopoli dalam upaya peningkatan prestasi belajar PPKn di SMA N 2 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 2 Wonosari yang berjumlah 189 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-MIPA1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 33 siswa dan X-MIPA2 sebagai kelas kontrol sebanyak 33 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar yang berupa pretest dan posttest serta dokumentasi yang berupa data hasil belajar peserta didik dan RPP. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis berupa t-test dan uji gain score, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model cooperative learning tipe team games tournament (TGT) dengan media permainan monopoli efektif untuk meningkatan prestasi belajar PPKn siswa kelas X di SMA N 2 Wonosari. Jika dibandingkan dengan model pembelajaran STAD, model pembelajaran TGT lebih efektif. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung pada posttest prestasi belajar siswa sebesar 3,362 dan dengan taraf signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,001 %L UNY37483