eprintid: 37482 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/74/82 datestamp: 2016-07-26 00:38:29 lastmod: 2019-10-01 12:02:15 status_changed: 2016-07-26 00:38:29 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: MARYATI, MARYATI title: LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK PIRI 3 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report abstract: Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang dilakukan mahasisiwa khususnya prodi pendidikan untuk melaksanakan praktik mengajar di sekolah secara langsung. kegiatan PPL ini dilakukan di sekolahsekolah yang berada di Provinsi Yogykarta maupun di daerah sekitar Yogyakarta, seperti Kota Magelang dan Purworejo. Melalui kegiatan PPL ini diharapkan memberikan pengalaman kepada mahasiswa pendidikan untuk belajar menjadi seorang tenaga kependidikan yang profesional terutama dalam mengajar di jelas. Selain itu, diharapkan mahasiswa dapat memperluas pengetahuan, ketrampilan dan dapat mengembangkannya dalam sesuai dengan bidang yang diampunya. SMK PIRI 3 Yogyakarta memiliki 3 Kompetensi keahlian, yaitu Akuntansi, Adminitrasi Perkantoran, dan Multimedia, dimana jumlah siswa secara keseluruhan mencapai 146 peserta didik. Berdasarkan anlaisis siatuasi yang dilakukan pada SMK PIRI 3 Yogyakarta terhadap kondisi sekolah secara keseluruhan baik dari fisik, potensi siswa, guru dan karyawa, serta fasilitas yang disediakan sekolah maka mahasiswa kemudian merancang kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK PIRI 3 Yogyakarta yang terkait dengan kebutuhan pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Pengetahuan tidak hanya diberikan terkait mengenai pelaksanaan pembelajaran di kelas, namun juga mengenai penyusunan administrasi guru yang lengkap, baik, dan sesuai peraturan yang berlaku. Pengalaman Praktik mengajar praktikan terlaksana dengan 8 kali mengajar di 1 jenjang kelas. Mahasiswa mengajar 8 kali tatap muka di kelas XI untuk Akuntansi Perusahaan Jasa dan Dagang. Praktik mengajar yang mahasiswa lakukan ditunjang dengan penggunaan metode serta media pembelajaran yang berbeda guna mengaktivkan siswa dalam belajar. Seluruh rangkaian kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah praktikan laksanakan telah memberikan banyak pengalaman serta pengetahuan mengenai menjadi guru yang profesional yang senantiasa menjunjung kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Diharapkan program PPL UNY yang setiap tahun dilaksanakan akan semakin baik dengan prosedur serta pembagian kuota serta kebutuhan mahasiswa di sekolah yang lebih adil dan merata. date: 2014 date_type: published publication: laporan ppl publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: MARYATI, MARYATI (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK PIRI 3 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/37482/1/LAP%20PPL%20INDV%20MARYATI.PDF