?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F37335%2F&rft.title=LAPORAN+INDIVIDU%0D%0APRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)%0D%0AUNIVERSITAS+NEGERI+YOGYAKARTA+2014&rft.creator=ANNISA+NUR+SABRINA%2C+ANNISA+NUR+SABRINA&rft.subject=LPPMP&rft.description=Praktek+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+telah+dilaksanakan+di+MAN%0D%0AYogyakarta+II+selama+dua+setengah+bulan+sejak+1+Juli+%E2%80%93+17+September+2014.%0D%0ATujuan+Praktek+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+adalah+melatih+mahasiswa+agar%0D%0Amemiliki+pengalaman+faktual+tentang+proses+pembelajaran+dan+kegiatan%0D%0Akependidikan+lainnya+di+sekolah%2C+sebagai+bekal+untuk+mengembangkan+diri%0D%0Amenjadi+tenaga+yang+profesional+yang+memiliki+pengetahuan%2C+sikap+dan%0D%0Aketerampilan.%0D%0AKegiatan+yang+telah+dilaksanakan+meliputi+kegiatan+profesional+yang+terdiri%0D%0Adari+observasi+pembelajaran+di+kelas+yang+dilaksankan+pada+saat+KBM%0D%0Aberlangsung+dan+pembuatan+perangkat+pembelajaran+yaitu+membuat+program%0D%0Atahunan%2C+program+semester%2C+penentuan+nilai+kriteria+ketuntasan+minimal%2C+rencana%0D%0Apelaksanaan+pembelajaran+dan+format+penilaian.+Kegiatan+praktik+mengajar%0D%0Adimulai+dari+tanggal+12+Agustus+%E2%80%93+16+September+2014+dengan+mata+pelajaran%0D%0Abahasa+jerman+dan+jumlah+jam+mengajar+9+jam+per+minggu+di+kelas+X+IIS+1+hari%0D%0ASenin+(jam+ke-+5-6)+dan+Jumat+(jam+ke-+5)%2C+X+IIS+2+hari+Rabu+(jam+ke-+5-6)+dan%0D%0AKamis+(jam+ke-7)+dan+di+kelas+X+IIS+3+hari+Selasa+(jam+ke-7)+dan+hari+Jumat+(jam%0D%0Ake-+6-7).%0D%0APraktek+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+dapat+terlaksana+dengan+baik+dan%0D%0Adapat+memenuhi+target+frekuensi+mengajar+yang+telah+ditetapkan+sebanyak%0D%0Aminimal+8+kali+pertemuan.+Hambatan+yang+ditemui+oleh+praktikan+dalam%0D%0Amelaksanakan+PPL+adalah+%3A+(1)+Dari+praktikan%2C+penguasaan+kelas+yang+kadang%0D%0Amasih+kurang+tepat%2C+(2)+pembagian+waktu+dalam+mengajar+kurang+efektif%2C+(3)+dari%0D%0Asiswa%2C+terdapat+beberapa+siswa+yang+terlalu+ramai+sehingga+dapat+menganggu%0D%0Asiswa+lainnya+dan+kegiatan+pembelajaran+dikelas.+Saran+untuk+keberhasilan+PPL%0D%0Adari+praktikan+yaitu+agar+ada+kerjasama+yang+baik+antara+pihak+universitas%2C%0D%0Asekolah+dan+praktikan+itu+sendiri+sehingga+mahasiswa+dapat+menyiapkan+diri%2C+baik%0D%0Aviii%0D%0Asecara+fisik+maupun+mental+dan+penguasaan+kompetensi+pembelajaran+serta%0D%0Ameningkatkan+kualitasnya.+Kunjungan+dan+pengarahan+dari+pihak+UPPL+tetap%0D%0Adiperlukan+secara+berkala+agar+praktikan+dapat+lebih+terkontrol+dalam+kegiatan%0D%0Apraktiknya.+Pihak+sekolah+hendaknya+meningkatkan+fasilitas+sarana+dan+prasarana%0D%0Adalam+kegiatan+belajar+mengajar%2C+kepercayaan+pihak+sekolah+terhadap+praktikan%0D%0APPL+sangat+diharapkan+dalam+rangka+memotivasi+dan+membangun+rasa+percaya%0D%0Adiri+praktikan+dalam+proses+pengajaran.+Sekolah+juga+perlu+menjalin+hubungan%0D%0Ayang+baik+dengan+mahasiswa+setelah+program+pengalaman+lapangan+berakhir.&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2014&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F37335%2F1%2FANNISA%2520NUR%2520SABRINA.pdf&rft.identifier=++ANNISA+NUR+SABRINA%2C+ANNISA+NUR+SABRINA++(2014)+LAPORAN+INDIVIDU+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)+UNIVERSITAS+NEGERI+YOGYAKARTA+2014.++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++