eprintid: 37313 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/73/13 datestamp: 2016-07-25 03:39:44 lastmod: 2019-10-01 11:50:37 status_changed: 2016-07-25 03:39:44 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: NOVI KURNIA SARI, NOVI KURNIA SARI title: LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI BACIRO YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report abstract: Program PPL Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada tahun 2014 merupakan program pendidikan yang tertuang dalam kurikulum Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Praktik Pengalaman Lapangan memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang pendidikan. SD Negeri Baciro merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2014. Tujuan dari progran PPL adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial pembelajaran di sekolah, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses perkuliahan. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 8 kali yang dilaksanakan mulai tanggal 8 Agustus 2014 sampai dengan 22 Agustus 2014 dan praktik mengajar mandiri sebanyak 2 kali yang dilaksanakan pada tanggal 26 dan 27 Agustus 2014. Selain itu, terdapat ujian praktik mengajar yang dilaksanakan 2 kali yaitu tanggal 1 dan 4 September 2014. Praktik mengajar meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahapan persiapan PPL meliputi observasi sekolah dan penyusunan program. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan program yang telah dilaksanakan. Berdasarkan hasil refleksi, secara umum peserta dapat melakukan perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran pada khususnya. Pelaksanaan program PPL di SD Negeri Baciro berjalan dengan baik, meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sendiri sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah tersebut. date: 2015 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: NOVI KURNIA SARI, NOVI KURNIA SARI (2015) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI BACIRO YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/37313/1/cover-Abstrak.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/37313/2/BAB%20NYA%20NOVI.pdf