TY - RPRT UR - http://eprints.uny.ac.id/37261/ AV - public KW - SMA N 1 Pengasih KW - Kegiatan PPL TI - LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 PENGASIH SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2014/2015 M1 - project_report ID - UNY37261 PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Aulia Yushlihannisa Adnin, Aulia Yushlihannisa Adnin Y1 - 2014/// N2 - Program Praktik Pengalaman Lapangan adalah program kegiatan yang diadakan Universitas yang memiliki jurusan Pendidikan salah satunya Universitas Negeri Yogyakarta. Program PPL memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon pendidik. Sasaran utama mata kuliah PPL pada tahun ini adalah masyarakat di sekolah, baik dalam kegiatan yang terkait dengan kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan di SMA N 1 Pengasih dan berlangsung pada tanggal 1 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Kegiatan praktikan yaitu mengajar Pelajaran Akuntansi kelas XII IPS, dimana rancangan kegiatan PPL ini terdiri dari persiapan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan PPL. Kegiatan persiapan meliputi perkuliahan microteaching, yang dilaksanakan di kampus UNY untuk melatih dan mempersiapkan mahasiswa sebelum terjun langsung dan observasi pembelajaran di kelas yaitu persiapan sarana dan prasarana, kelengkapan perangkat pembelajaran, dan penilaian perilaku siswa saat pembelajaran. Kegiatan observasi dilaksanakan mulai bulan Februari 2014 sampai Juli 2014. Pelaksanaan Praktik Mengajar yaitu kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada tanggal 11 Agustus 2014 - 12 September 2014 yaitu mengajar di kelas XII IPS. kegiatan PPL dapat dijadikan sebagai program kegiatan untuk membentuk calon pendidik yang profesional, dalam rangka mewujudkan pendidik yang berbudi luhur dan menginspirasi siswa pada kegiatan PPL ini praktikan dapat menerapkan pengalamannya dalam mengajar, bukan hanya dalam perkuliahan microteaching tetapi juga ilmu akademis yang lain yang erat kaitannya dengan Pendidikan Akuntansi. ER -