@phdthesis{UNY37224, author = {Jeaniver Yuliane Kharisma}, title = {Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah di SMP Kelas VIII Semester Genap Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Prestasi Belajar Matematika Siswa}, month = {June}, year = {2016}, school = {UNY}, keywords = {bahan ajar matematika berbasis masalah, kemampuan pemecahan masalah matematis, prestasi belajar matematika}, url = {http://eprints.uny.ac.id/37224/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar matematika berbasis masalah yang berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah matematis dan prestasi belajar matematika, yang valid, praktis, dan efektif, pada materi lingkaran VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang dikembangkan diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Tahap-tahap yang dilakukan meliputi: tahap analisis, tahap perencanaan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Uji coba dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu validasi ahli dan uji coba lapangan. Uji coba dilaksanakan di SMPN 1 Piyungan Kelas VIII A dan VIII B. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes kemampuan pemecahan masalah matematis, dan tes prestasi belajar matematika. Analisis data dilakukan dengan mengkonversi total skor aktual yang diperoleh menjadi data kualitatif skala lima. Estimasi reliabilitas dari instrumen keefektifan mencapai 0,793 untuk instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan 0,7 untuk instrumen tes prestasi belajar matematika. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar matematika berbasis masalah yang terdiri dari buku panduan guru dan buku siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa buku panduan guru yang dan buku siswa yang dikembangkan berada dalam kategori sangat baik dan baik. Hasil uji coba menunjukkan bahwa buku panduan guru dan buku siswa berada dalam kategori baik. Hasil uji coba berdasarkan tes kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar matematika mencapai hasil masing-masing 72\% dan 75\%, serta menunjukkan bahwa buku panduan guru dan buku siswa berada dalam kategori baik. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa bahan ajar matematika berbasis masalah yang dikembangkan memiliki kualitas yang valid, praktis, dan efektif dari kemampuan pemecahan masalah matematis dan prestasi belajar matematika siswa} }