%0 Thesis %9 S2 %A Sa'idah, Nusrotus %B Program Pascasarjana %D 2012 %F UNY:37206 %I UNY %K penyetaraan horisontal tes, ujian sekolah kimia SMA %T Penyetaraan Horisontal Tes Ujian Sekolah Kimia SMA di Provinsi Yogyakarta %U http://eprints.uny.ac.id/37206/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan karakteristik soal ujian sekolah kimia SMA kelas XII ditinjau dari aspek materi, konstruksi dan bahasa, 2) Mendeskripsikan karakteristik soal ujian sekolah kimia SMA kelas XII berdasar Teori Tes Klasik dan Teori Respons Butir, dan 3) Mengetahui persamaan penyetaraan tes dan kemampuan siswa kelas XII SMA di kota Yogyakarta dan kabupaten Sleman. Populasi penelitian adalah respons siswa SMA di kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta. Sampel dipilih secara purposive, yaitu 4 SMA di kabupaten Sleman dan 4 SMA di kota Yogyakarta. Instrumen yang digunakan adalah soal ujian sekolah kimia SMA kelas XII dengan anchor sebanyak tiga paket tes, yaitu paket A, B dan C yang mempunyai kisi-kisi sama sesuai dengan standar lulusan UN SMA kimia kelas XII. Jumlah sampel untuk siswa paket A sebanyak 308 siswa, paket B sebanyak 318 siswa dan paket C sebesar 294 siswa. Karakteristik dan penyetaraan tes dilakukan dengan teori tes klasik (ITEMAN) dan teori tes modern (BIGSTEPS). Hasil telaah kualitatif tes paket A, B dan C pada aspek materi 85% berkategori baik, pada aspek konstruksi 97,5% berkategori baik dan aspek bahasa 97,5 % berkategori baik. Hasil analisis secara kuantitatif dengan pendekatan teori tes klasik dari masing-masing paket A, B dan C berkategori baik. Sedangkan analisis dengan teori respon butir paket A sebanyak 33 butir berkategori baik, paket B dari 34 butir berkategori baik, dan paket C 34 berkategori baik. Perangkat tes yang disetarakan adalah tes paket A ke tes paket B dan tes paket A ke tes paket C. Hasil analisis kesetaraan dengan teori tes modern menunjukkan, secara bersama-sama tes paket A, B dan C paralel. Penyetaraan tingkat kesulitan tes paket A dan B mengalami penurunan dengan persamaan kesetaran yaitu B* = A + 0,09. Tes paket A ke tes paket C mengalami penurunan dengan persamaan kesetaraan tes C* = bA + 0,05. Tes ujian sekolah paket A jika dikerjakan oleh siswa paket B maupun C maka tingkat kesulitanya berkurang. Hasil penyetaraan kemampuan paket A ke paket B dengan persamaan kesetaraan B* = A + 0,09 dan paket A ke paket C C* = A + 0,05 menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam mengerjakan soal ujian sekolah kimia paket B dan C lebih baik jika dibandingkan oleh kemampuan siswa dalam mengerjakan paket A.