%D 2014 %J laporan ppl %I LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta %T LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEKOLAH DASAR NEGERI 2 NGULAKAN 01 JULI-17 SEPTEMBER 2014 Diajukan kepada Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta Untuk Memenuhi Tugas Akhir PPL %L UNY37191 %X Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SD N 2 Ngulakan yang berlokasi di Jl. Josutan Karangsari Pengasih Kulon Progo. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan dengan tujuan sebagai wujud pengabdian mahasiswa kepada masyarakat, sekolah atau lembaga masyarakat sekaligus memberikan pengalaman dalam bidang pembelajaran, memberikan kesempatan untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah, meningkatkan kemampuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan mahasiswa di sekolah. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan pada tanggal 1 Juli sampai 17 September 2014. Mahasiswa praktikan melaksanakan program-program kegiatan baik yang bersifat fisik ataupun non fisik sesuai dengan keterampilan yang dimiliki oleh masing-masing mahasiswa serta tetap dengan mengedepankan aspek relevansi dengan pihak sekolah sehingga program berjalan efektif dan efisien. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi : observasi, praktik mengajar, menyusun program, praktik persekolahan. Praktik mengajar meliputi : praktik mengajar terbimbing dan praktik mengajar mandiri. Sedangkan praktik persekolahan adalah praktik selain mengajar yang mendukung pengembangan tugas-tugas guru dalam observasi pembelajaran kegiatan yang dilaksanakan yaitu mengamati proses pembelajaran maupun mulai dari persiapan yang dibuat oleh guru, pelaksanaan pembelajaran penjas disamping itu praktikan mendapat kesempatan membantu guru dalam proses pembelajaran. Hasil pelaksanaan program PPL di SD N 2 Ngulakan berjalan dengan baik dan lancar, mahasiswa mampu mengenal, mengamati, sekaligus mampu mempraktikkan semua kompetensi yang diperlukan bagi guru pendidikan jasmani serta mahasiswa mempunyai suatu kesadaran akan tugas dan tanggungjawabnya sebagai tenaga kependidikan yang baik %A RUMELAH RUMELAH %K Praktik, Pembelajaran