@phdthesis{UNY37165, year = {2013}, author = {Nur Fitriyah Rachmawatie}, month = {January}, school = {UNY}, title = {Evaluasi Penyelenggaraan Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Abu Bakar Yogyakarta}, url = {http://eprints.uny.ac.id/37165/}, keywords = {evaluasi penyelenggaraan, Sekolah Islam Terpadu}, abstract = {Penelitian Evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana kualitas penyelenggaraan Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Abu Bakar Yogyakarta, dilihat pada aspek konteks, input, proses dan produk. Konteks terdiri atas kebutuhan masyarakat dan dukungan lingkungan. Input terdiri atas kurikulum, kepala sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan, peserta didik, sarana prasarana serta lingkungan sekolah. Proses terdiri atas perencanaan pembelajaran dan pembelajaran. Sedangkan produk terdiri atas prestasi akademik maupun non akademik. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi, model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi CIPP dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik di SMAIT Abu Bakar Yogyakarta, dengan sumber informasi terdiri atas kepala sekolah, guru, staf, peserta didik, orangtua peserta didik dan masyarakat. Analisis data kuantiatif dilakukan dengan teknik statistik deskriptif. Hasil yang diperoleh dibandingkan dengan kriteria yang telah ditentukan. Hasil Evaluasi penyelenggaraan SMAIT Abu Bakar adalah sebagai berikut: (1) aspek konteks terdiri atas dua variabel, variabel kebutuhan masyarakat termasuk dalam kategori baik dan sesuai dengan standar, sedangkan variabel dukungan lingkungan belum sepenuhnya sesuai dengan standar; (2) aspek input terdiri atas tujuh variabel. Variabel kurikulum dan kepala sekolah termasuk dalam kategori baik dan sesuai dengan standar yang ada, sedangkan variabel yang lain yaitu pendidik, peserta didik, tenaga kependidikan, sarana prasarana serta lingkungan sekolah belum semuanya sesuai dengan standar yang ada; (3) aspek proses terdiri atas tiga variabel. Variabel rencana pembelajaran termasuk dalam kriteria baik dan sesuai dengan standar yang ada, sedangkan komponen pelaksanaan pembelajaran, metode dan strategi serta pemanfaatan alat/media pembelajaran dan komponen penilaian dan evaluasi pembelajaran belum semuanya sesuai dengan standar yang ada; (4) aspek produk terdiri atas dua variabel. Variabel prestasi akademik termasuk kriteria kurang baik, sedangkan variabel prestasi non akademik termasuk kriteria baik.} }