@phdthesis{UNY37161, month = {July}, author = {Fuji Dwi Marfuji}, year = {2016}, title = {PELAKSANAAN PEMBELAJARAN LIFE SKILLS BERBASIS KEWIRAUSAHAAN PADAPESERTA DIDIK UPTD SKB KULON PROGO}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaa pembelajaran life skills berbasis kewirausahaan pada peserta didik UPTD SKB Kulon Progo beserta untuk (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah peserta didik SKB, pendidik, dan pengelola SKB UPTD SKB Kulon Progo. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan langkah mengumpulkan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian diperoleh dalam penelitian adalah: (1) pelaksanaan pembelajaran life skills berbasis kewirausahaan di UPTD SKB Kulon Progo terdiri dari (a)persiapan pembelajaran terdiri dari penyiapan kurikulum, sarana dan prasarana (b)pelaksanaan pembelajaran life skills berbasis kewirausahaan seperti halnya pembelajaran lainnya didalamnya terdapat komponen-komponen pembelajaran meliputi peserta didik, pendidik, tujuan, metode, media, kurikulum, materi, kegiatan pembelajaran, bahan ajar, sarana-prasarana, evaluasi dan sumber pendanaa. Pembelajaran kecakapan hidup yang dilaksanakan meliputi; cara mengoperasikan dan pemanfaatan komputer, pelatihan dasar-dasar menjahit menggunakan mesin jahit, pelatihan tata laksana rumah tangga, budidaya jamur, pelatihan budidaya ikan air tawar, tata rias rambut, tanaman hortikultura dan pembelajaran kewirausahaannya meliputi ceramah pemotivasian disela-sela pemebelajaran. (c) evaluasi atau penilaian yaitu dengan post tes dan penilaian hasil praktek. (2)faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran life skills (a) faktor pendukung yaitu, semangat yang tinggi dari peserta didik dalam mengikuti kegiatan, lokasi yang berdekatan dengan dinas pendidikan kabupaten Kulon Progo baik sehingga mudah dijangkau, adanya anggaran yang diperuntukan program-program UPTD SKB Kulon Progo. (b) faktor penghambat, kurangnya jumlah pamong belajar SKB, kemampuan peserta didik yang berbeda-beda menimbulkan extra penaganan dalam pelaksanaan pembelajaran yang berlangsung di UPTD SKB Kulon Progo,minimnya anggaran kegiatan dari pemerintah, tempat, sarana dan prasarana yang kurang representative Kata kunci : Pembelajaran, life skills, Peserta didik}, url = {http://eprints.uny.ac.id/37161/} }