%T LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA %I LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta %D 2014 %J LAPORAN PPL %L UNY37113 %K UNY, PPL, SMP N 4 Yogyakarta, mengajar %A SUYATNO DWI WIDODO SUYATNO DWI WIDODO %X Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan pengembangan dari IKIP Yogyakarta. Di mana dalam pengembangannya masih tetap mempertahankan dan terus mengembangkan salah satu fungsinya yaitu untuk mempersiapkan serta menghasilkan guru atau tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan sehingga menjelama menjadi tenaga professional pendidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa dalam serangkaian mata kuliah yang salah satunya adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). PPL ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan adanya PPL ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang professional sehingga memiliki sikap, nilai, keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam profesinya. Kegiatan atau program PPL dilaksanakan mulai tanggal 1 Juli sampai dengan 17 September 2014. Sebelum kegiatan dilaksanakan, terlebih dahulu diawali dengan berbagai kegiatan persiapan, di antaranya pengajaran mikro, pembekalan, dan observasi. Berdasarkan hasil obeservasi di SMP N 4 Yogyakarta yang dilaksanakan pada tanggal 14 April 2014, maka dirumuskan program kerja PPL. Program yang direncanakan yaitu membuat RPP, membuat media pembelajaran, praktik mengajar, melengkapi materi pembelajaran, menyusun administrasi mengajar, dan penyusunan evaluasi pembelajaran. Setiap kegiatan yang dilakukan tidak sepenuhnya berjalan lancar, terdapat berbagai hambatan dalam kegiatan PPL. Hambatan dalam kegiatan PPL antara lain: pelaksanan kurikulum 2013 yang belum sepenuhnya dipahami oleh guru dan siswa, serta belum terdistribusikannya buku mata pelajaran berbasis kurikulum 2013. Sehingga praktikan harus selalu berkonsultasi dengan guru dan mencari sumbersumber belajar lain