?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F37106%2F&rft.title=LAPORAN%0D%0APENELITIAN+PPL%0D%0AUNIVERSITAS+NEGERI+YOGYAKARTA%0D%0ALOKASI+DINAS+PENDIDIKAN+KOTA+YOGYAKARTA%0D%0ATema+%3A%0D%0A%E2%80%9CEVALUASI+PENYELENGGARAAN+PROGRAM+KELOMPOK+BERMAIN+(SALMA)+DI+SKB+KOTA+YOGYAKARTA%E2%80%9D&rft.creator=RIRIN+FITRIYANI%2C+RIRIN+FITRIYANI&rft.subject=KKN+-+PPL&rft.description=Pendidikan+adalah+hak+warga+negara%2C+tidak+terkecuali+pendidikan+di+usia+dini+merupakan+hak+warga+negara+dalam+mengembangkan+potensinya+sejak+dini.+PAUD+merupakan+salah+satu+jenis+Pendidikan+luar+Sekolah+(PLS)+termasuk+pada+satuan+kelompok+belajar+tetapi+bukan+merupakan+persyaratan+masuk+TK+atau+SD.Pendidikan+anak+usia+dini+merupakan+salah+satu+bentuk+penyelenggaraan+pendidikan+yang+menitikberatkan+pada+peletakan+dasar+ke+arah+pertumbuhan+dan+5+perkembangan%2C+yaitu+%3A+perkembangan+moral+dan+agama%2C+perkembangan+fisik+(koordinasi+motorik+halus+dan+kasar)%2C+kecerdasan%2Fkognitif+(daya+pikir%2C+daya+cipta)%2C+sosio+emosional+(sikap+dan+emosi)+bahasa+dan+komunikasi%2C+sesuai+dengan+keunikan+dan+tahap-tahap+perkembangan+sesuai+kelompok+usia+yang+dilalui+oleh+anak+usia+dini+seperti+yang+tercantum+dalam+Permendiknas+no+58+tahun+2009.%0D%0ADalam+undang-undang+tentang+sistem+pendidikan+nasional+dinyatakan+bahwa+pendidikan+anak+usia+dini+adalah+suatu+upaya+pembinaan+yang+ditujukan+kepada+anak+sejak+lahir+sampai+dengan+usia+enam+tahun+yang+dilakukan+melalui+pemberian+rangsangan+pendidikan+untuk+membantu+pertumbuhan+dan+perkembangan+jasmani+dan+rohani+agar+anak+memiliki+kesiapan+dalam+memasuki+pendidikan+lebih+lanjut+(UU+Nomor+20+Tahun+2003+Bab+I+Pasal+1+Ayat+14).%0D%0APAUD+adalah+pendidikan+luar+sekolah+seperti+Kelompok+Bermain+dan+Penitipan+Anak%2C+yang+umumnya+berjalan+sendiri-sendiri+dengan+polanya+masing-masing.Kelompok+bermain+dari+segi+landasan+pendidikan+sangat+penting+dikembangkan+karena+berkaitan+dengan+masa+peka+anak+yang+terjadi%0D%0Asejak+lahir+sampai+usia+4+tahun.+Masa+ini+disebut+dengan+masa+keemasan%2C+masa+dimana+anak+memiliki+daya+serap+terhadap+lingkungan+yang+luar+biasa.%0D%0ASalah+satu+kebijakan+PAUD+di+SKB+Kota+Yogyakarta+yaitu+penyelenggaraan+Kelompok+Bermain+(SALMA).Kelompok+bermain+dapatdijelaskan+sebagai+kegiatan+bermain+yang+teratur+dari+kelompok+anak-anak+usia+prasekolah%2C+di+rumah+masing-masing+secara+bergantian+pula+sesuai+giliratempatnya.Tujuan+dari+Program+Kelompok+Bermain+SALMA+di+SKB+Kota+Yogyakarta+yaitu+Mengembangkan+dan+menyeimbangkan+kemampuan+dasar%2C+bahasa%2C+ketrampilan+jasmani%2C+religi%2C+dan+sosial+anak.Setiapanak+dalam+kelompok+bermain+sendiri+memiliki+karakteristik+perkembangan+yang+berbeda-beda.+Proses+utama+perkembangan+anak+merupakan+hal+yang+saling+berkaitan+antara+proses+bilogis%2C+proses+sosio+emosional+dan+proses+kognitif.+Ketiga+hal+tersebut+akan+saling+berpengaruh+satu+sama+lain+dan+sepanjang+perjalanan+hidup+manusia.+Selama+proses+perkembangan%2C+tidak+menutup+kemungkinan+anak+menghadapi+berbagai+masalah+yang+akan+menghambat+proses+perkembangan+selanjutnya.%0D%0APermasalahan+yang+dihadapi+anak+dapat+dilihat+melalui+tingkah+laku+anak+pada+saat+mengikuti+proses+pembelajaran+dikelas+atau+pada+saat+anak+bermain.+Berbagai+factor+yang+menyebabkan+permasalahan+perkembangan+anak+tidak+hanya+menghambat+perkembangan+emosi+dan+sosialnya%2C+akan+tetapi+juga+menghambat+perkembangan+fisik%2C+intelektual%2C+kognitif+danbahasa+(Rita+EkaIzzaty%3A2005).+Selain+itu+Permasalahan+yang+dialami+pada+penyelenggaraan+kelompok+bermain+SALMA+yaitu+dari+segi+pengelolaan+anggaran+yang+berasal+dari+dana+APBD+hanya+sebatas+untuk+pendidikan+sehingga+kegiatan+atau+keperluan+yang+lainya+merupakan+usaha+mandiri+dengan+kata+lain+kegiaitan+operasional+diperoleh+dari+swadaya.+Permasalahan+juga+nampak+pada+sarana+dan+prasarana+yang+masih+perlu+diperhatikan+kembali.%0D%0AOleh+karena+itu+kerjasama+dan+kemitraan+dengan+berbagai+pihak+mutlak+sangat+diperlukan%2C+terutama+dalam+hal+penyelenggaraan+Kelompok%0D%0Abermain%2C+pengembangan+sistem+pembelajaran+yang+efektif%2C+pengembangan+Lab-site+pembelajaran+kelompok+bermain%2C+serta+kegiatan-kegiatan+lainnya+untuk+menjawab+tantangan+dan+menangkap+peluang+pengembangan+kelompok+bermain+baik+pada+tingkat+lokal%2C+nasional%2C+regional%2C+maupun+internasional.%0D%0ABerdasarkan+hasil+wawancara+yang+telah+dilakukan+kepada+pimpinan+penyelenggaran+kelompok+bermain+(SALMA)+pada+saat+pra-penelitian+evaluasi+program+ini+belum+pernah+dilakukan+sebelumnya%2C+maka+dari+itu+perlunya+suatu+evaluasi+pelaksanaan+program+kelompok+bermain+guna+mengetahui+sejauh+mana+perkembangan+anak+didik+dan+tingkat+keberhasilan+program+yang+telah+dilakukan.Evaluasi+dapat+dilakukan+terhadap+program+yang+telah+direncanakan+baik+dalam+program+tahunan%2C+bulanan%2C+dan+harian.+Jika+program+yang+telah+dirancang+tidak+sesuai+dengan+yang+diharapkan+maka+pendidik+dapat+mengganti+dengan+kegiatan+lain.+Evaluasi+perkembangan+anak+dalam+bentuk+laporan+perkembangan+anak+bisa+dijadikan+acuan+untuk+melakukan+evaluasi+program.Untuk+itu%2C+kegiatan+evaluasi+program+kelompok+bermain+ini+dilakukan+agar+dapat+merumuskan+strategi+percepatan+capaian+program+kelompok+bermain.&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2014&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F37106%2F1%2FRIRIN%2520FITRIYANI.pdf&rft.identifier=++RIRIN+FITRIYANI%2C+RIRIN+FITRIYANI++(2014)+LAPORAN+PENELITIAN+PPL+UNIVERSITAS+NEGERI+YOGYAKARTA+LOKASI+DINAS+PENDIDIKAN+KOTA+YOGYAKARTA+Tema+%3A+%E2%80%9CEVALUASI+PENYELENGGARAAN+PROGRAM+KELOMPOK+BERMAIN+(SALMA)+DI+SKB+KOTA+YOGYAKARTA%E2%80%9D.++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++