%A Kholifatun Nur Rokhmah %A Himmawati Puji Lestari %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran segitiga dan segi empat berupa RPP dan LKS dengan pendekatan open-ended yang layak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subyek uji coba adalah siswa kelas VII E SMP N 6 Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian RPP, lembar penilaian LKS, angket penilaian siswa, angket penilaian guru, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kualitas (1) valid dengan skor penilaian RPP 4,21 dan skor penilaian LKS 4,09 dengan skor maksimal 5, (2) praktis dengan skor angket penilaian siswa 4 dan skor angket penilaian guru 4 dengan skor maksimal 5 serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan persentase rata-rata 95%, (3) efektif dengan rata-rata ketercapaian aspek komunikasi matematis mencapai 81,61% dan ketuntasan klasikal tes kemampuan komunikasi matematis mencapai 71,43%. %K perangkat pembelajaran, open-ended, komunikasi matematis %L UNY37082 %D 2016 %I UNY %T PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SEGITIGA DAN SEGI EMPAT DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII