TY - RPRT UR - http://eprints.uny.ac.id/37064/ M1 - project_report ID - UNY37064 TI - LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN(PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2014/2015 PERIODE 02 JULI s/d 17 SEPTEMBER 2014 LOKASI SMK NEGERI 3 MAGELANG AV - public KW - laporan PPL SMK Negeri 3 Magelang. PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Ana Tri Yulianti, Ana Tri Yulianti N2 - Tujuan kegiatan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) adalah sebagai wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang professional. Sedangkan misi dari kegiatan PPL adalah : 1) menyiapkan dan menghasilkan calon guru atau tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan profesional; 2) mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah di kuasainya kedalam praktik keguruan dan atau praktik kependidikan; memantapkan kemitraan UNY dan sekolah serta lembaga pendidikan; serta 4) mengkaji dan mengembangkan praktik keguruan dan praktik kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan di SMK N 3 MAGELANG dimulai sejak tanggal 2 Juli 2014 sampai tanggal 17 September 2014 (tahun ajaran baru 2014/2015). Sebelum melakukan PPL, mahasiswa mengadakan observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang ada di SMK N 3 MAGELANG. Observasi tersebut dilaksanakan pada tanggal 18 Februari 2014. Selain mengadakan observasi terhadap pembelajaran di dalam kelas, mahasiswa juga berusaha mencari informasi dari guru mengenai kondisi dan potensi siswa, fasilitas pendukung dalam KBM, dan juga faktor penghambat yang sering di temui ketika KBM berlangsung. Dari hasil observasi tersebut, mahasiswa melakukan konsultasi terhadap dosen pembimbing mikro untuk kemudian ditindaklanjuti dengan membuat RPP dan program kerja yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah. Pada kegiatan PPL ini, praktikan mendapat tugas untuk mengajar kelas XII Busana I. Adapun program kerja yang dilakukan oleh praktikan untuk mendukung kegiatan pembelajaran adalah; 1) pengadaan media pembelajaran power point, Hand Out, Wall Chart; 2) pembuatan modul dan 3) pembuatan RPP dan perangkat pembelajaran. Dari keseluruhan program, hampir semua terlaksana dengan baik. Dalam kegiatan PPL, praktikan telah melakukan praktik mengaja rsebanyak 8 kali tatap muka di dalam kelas, dan dengan pembuatan siabus, program tahunan, program semester, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) serta mempelajari materi yang akan diajarkan kepada peserta didik dalam proses pembelajaran. Selain melakukan kegiatan PPL, praktikan juga melakukan kegiatan yang berhubungan dengan jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana baik yang diselengarakan oleh sekolah maupun di luar kegiatan yang dilakukan oleh sekolah. Y1 - 2014/// ER -