eprintid: 36986 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1271 dir: disk0/00/03/69/86 datestamp: 2016-07-25 07:02:47 lastmod: 2019-01-30 09:56:14 status_changed: 2016-07-22 01:33:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurhidayah, Isti corp_creators: Dr. Anwar Efendi corp_creators: Dwi Budiyanto, M.Hum title: KEEFEKTIFAN MODEL SINEKTIK BERBANTUAN MEDIA FILM DOKUMENTER PADA PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 SEWON BANTUL ispublished: submitted subjects: E1 divisions: fbs_jurdik_indonesia_pend_bahasa_dan_sastra_indonesia full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan keterampilan menulis cerita pendek antara peserta didik yang menggunakan model sinektik berbantuan media film dokumenter dan peserta didik yang tanpa menggunakan model sinektik berbantuan media film dokumenter; (2) membuktikan keefektifan model sinektik berbantuan media film dokumenter dalam pembelajaran menulis cerita pendek peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan control group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sewon. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas kontrol dan kelas VII A sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, yaitu tes menulis cerita pendek. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan dikonsultasikan kepada ahlinya (expert judgement). Analisis data dengan menggunakan teknik statistik uji-t dengan taraf signifinkasi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat data yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis cerita pendek antara peserta didik yang menggunakan model sinektik berbantuan media film dokumenter dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model sinektik berbantuan media film dokumenter. Hasil perhitungan uji–t sampel bebas menunjukkan bahwa thitung (th) sebesar -2,531 dengan db 52 dan diperoleh nilai P sebesar 0,014 pada taraf signifikansi 5%. Nilai P lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (P=0,014<0,05). (2) Model sinektik berbantuan media film dokumenter lebih efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis cerita pendek kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol yang tanpa menggunakan model sinektik berbantuan media film dokumenter. Hasil perhitungan uji–t sampel berhubungan diperoleh nilai thitung (th) sebesar -11,329 dengan db 26 diperoleh nilai P sebesar 0,000 pada taraf signifikansi 5%. Nilai P lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (P=0,000<0,05). Hasil pengujian gain score menunjukkan rata-rata (mean) sebesar 7,0000. date: 2016-07-20 date_type: submitted institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia thesis_type: skripsi citation: Nurhidayah, Isti (2016) KEEFEKTIFAN MODEL SINEKTIK BERBANTUAN MEDIA FILM DOKUMENTER PADA PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 SEWON BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/36986/1/SKRIPSI_ISTI.pdf