%0 Thesis %9 S1 %A Agustika, Maulina Dewi %A Supardi, %B Pendidikan IPS %D 2016 %F UNY:36978 %I FIS %T Penerapan Metode Outdoor Study untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep IPS Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Sentolo %U http://eprints.uny.ac.id/36978/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) upaya meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep IPS siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Sentolo menggunakan metode Outdoor Study, (2) peningkatan motivasi belajar dan pemahaman konsep IPS siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Sentolo menggunakan metode Outdoor Study. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) model Kemmis dan Taggart yang langkahnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, tes pemahaman konsep dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Sentolo dengan jumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) upaya meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep IPS menggunakan metode Outdoor Study dilaksanakan dengan langkah persiapan, penentuan materi dan lokasi pembelajaran di luar kelas; langkah pelaksanaan, siswa melakukan observasi secara langsung di lapangan sesuai materi yang telah ditentukan; langkah tindak lanjut, evaluasi pembelajaran setelah pelaksanaan outdoor study di dalam kelas (2) metode Outdoor Study dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep IPS siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sentolo. Hal tersebut dibuktikan dari data hasil observasi, wawancara, angket yang menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar IPS. Peningkatan motivasi dilihat dari nilai rata-rata persentase motivasi siswa pada siklus I sebesar 69,62% menjadi 78,14%. Rata-rata nilai pemahaman konsep IPS siswa meningkat dari siklus I sebesar 74,33 menjadi 79,83 pada siklus II. Peningkatan sudah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan sebesar ≥75. Kata kunci: Outdoor Study, Motivasi Belajar, dan Pemahaman Konsep IPS