eprintid: 36962 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1211 dir: disk0/00/03/69/62 datestamp: 2016-07-22 00:53:04 lastmod: 2019-01-30 09:55:35 status_changed: 2016-07-22 00:53:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hendratno, Afrizal corp_creators: Saliman title: Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual IPS SMP Kelas VII Materi Kewirausahaan ispublished: pub subjects: pendidikan_ips divisions: fis_pend_ips full_text_status: public abstract: Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya variasi media pembelajaran audio–visual IPS SMP kelas VII materi kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran audio–visual IPS SMP kelas VII materi kewirausahaan. 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran audio–visual IPS SMP kelas VII materi kewirausahaan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru, dan tanggapan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Depok. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi untuk ahli media, ahli materi, dan guru IPS serta angket tanggapan siswa. Data mengenai validasi ahli dan tanggapan siswa dengan bentuk skala likert untuk menentukan kategori kelayakan media pembelajaran audio–visual IPS SMP kelas VII materi kewirausahaan. Media pembelajaran audio–visual IPS SMP kelas VII materi kewirausahaan dianggap layak untuk digunakan apabila validasi ahli materi, ahli media, guru IPS dan uji pemakaian media oleh siswa memperoleh kategori rerata skor minimum “baik”. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran audio–visual IPS SMP kelas VII materi kewirausahaan dengan beberapa tahap, yaitu tahap identifikasi, desain dan pengembangan, produksi dan evaluasi. 2) Media pembelajaran audio–visual IPS SMP kelas VII materi kewirausahaan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar IPS dengan kategori Baik. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil validasi ahli materi dengan skor 4,00 atau kategori Baik; validasi ahli media dengan skor 3,68 atau kategori Baik; validasi oleh Guru IPS dengan skor 4,01 atau kategori Baik; dan tanggapan siswa pada uji coba lapangan dengan 4,13 atau kategori Baik. Kata kunci: media pembelajaran, audio – visual, IPS date: 2016 date_type: published institution: FIS department: Pendidikan IPS thesis_type: skripsi official_url: http://library.fis.uny.ac.id citation: Hendratno, Afrizal (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual IPS SMP Kelas VII Materi Kewirausahaan. S1 thesis, FIS. document_url: http://eprints.uny.ac.id/36962/1/SKRIPSI%2009416244014.swf