%0 Thesis %9 S1 %A Wahyuningsih, Esti %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2016 %F UNY:36953 %I PGSD %T IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEMESTER 1 DI SEKOLAH DASAR KANISIUS BEJI GADING PLAYEN GUNUNGKIDUL GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016 %U http://eprints.uny.ac.id/36953/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikai miskonsepsi yang terjadi pada siswa kelas V Sekolah Dasar Kanisius Beji, Playen, Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Kanisius Beji yang berjumlah 18 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua tahap. Tahap pertama adalah memberikan soal tes tertulis nantinya dianalaisi untuk mengetahui miskonsepsi yang dialami siswa. Tahap yang kedua adalah wawancara. Wawancara dilakukan untuk mengetahui apa faktor penyebab miskonsepsi yang dialami siswa. Instrumen yang digunakan adalah soal pilihan ganda dan wawancara. Analisis data sesuai Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ditemukan beberapa miskonsepsi yang dialami oleh siswa. Diantaranya adalah pada beberapa materi yang terdapat pada indikator a) menyebutkan organ pencernaan manusia dan fungsinya sebanyak 5 siswa yaitu terbalik dalam menyebutkan bagian organ pencernaan usus halus dengan usus besar, b) menyebutkan organ peredaran darah manusia dan fungsinya sebanyak 5 siswa yaitu terbalik menyebutkan bagian-bagian jantung dan terbalik memahami fungsi pembuluh vena dengan pembuluh nadi dan c) mengumpulkan data tentang sifat benda, seperti bentuk, warna, kelenturan, kekerasan, dan bau sebelum dan sesudah mengalami perubahan sebanyak 11 siswa yaitu salah dalam memahami perubahan yang terjadi pada semen yang dicampur dengan air. Kata kunci : Identifikasi Miskonsepsi IPA, SD Kanisius Beji