%X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media audio lagu yang layak digunakan untuk pembelajaran IPS materi perjuangan mempersiapkan proklamasi kemerdekaan bagi siswa kelas V SDN Minomartani 1. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan mengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Sebelum dilakukan uji coba kepada siswa, media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli musik. Terdapat tiga tahap uji coba lapangan yaitu uji coba lapangan awal sebanyak 3 siswa, uji coba lapangan utama 6 siswa, dan uji coba lapangan operasional 12 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket uji kelayakan ahli materi, angket ahli media, angket ahli musik, dan angket ahli kelayakan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan: 1) hasil validasi ahli materi mendapat skor rata-rata 4,59 (sangat baik), 2) hasil validasi ahli media mendapat skor rata-rata 4,53 (sangat baik), 3) hasil validasi ahli musik mendapat skor rata-rata 4,18 (baik), 4) hasil uji coba lapangan awal mendapat skor rata-rata 4,28 (sangat baik), 5) hasil uji coba lapangan utama mendapat skor rata-rata 4,29 (sangat baik), 6) hasil uji coba lapangan operasional mendapat skor rata-rata 4,33 (sangat baik). Berdasarkan hasil dari serangkaian proses uji kelayakan tersebut media audio lagu sejarah kemerdekaan yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi perjuangan mempersiapkan kemerdekaan kelas V. Kata kunci: media audio, lagu, pembelajaran sejarah, perjuangan mempersiapkan kemerdekaan. %D 2016 %T PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO LAGU SEJARAH KEMERDEKAAN PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SDN MINOMARTANI 1 %A Kharimatul Jannah %I PGSD %L UNY36946