%0 Thesis
%9 S1
%A Andry Ferdian
%A Herka Maya Jatmika,
%B Pendidikan Jasmani kesehatan dan Rekreasi
%D 2016
%F UNY:36930
%I Fakultas Ilmu Keolahragaan
%K siswa, bolabasket, pendukung
%T FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG PEMBELAJARAN  PERMAINAN BOLA BASKET SISWA KELAS XI  SMA SE-KECAMATAN PAKEM
%U http://eprints.uny.ac.id/36930/
%X Selama ini pemanfaatan faktor-faktor pendukung pembelajaran permainan  bolabasket di SMA se-Kecamatan Pakem belum optimal, padahal sekolah  memiliki faktor-faktor tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  seberapa besar faktor-faktor pendukung pembelajaran permainan bolabasket di  SMA se-Kecamatan Pakem.  Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data  menggunakan angket. Validitas instrumen diuji menggunakan korelasi momen  tangkar, sedangkan reliabilitas instrumen diuji menggunakan Alpha Cronbach.  Hasil perhitungan menunjukkan bahwa validitas instrumen mempunyai koefisien  korelasi paling rendah -0,34 dan koefisien korelasi paling tinggi 0,801; sedangkan  koefisien Alpha Cronbach reliabilitas untuk indikator jasmani yaitu 0,780,  indikator psikologi siswa 0,910, indikator guru 0,814, indikator sarana dan  prasarana 0,638, serta indikator lingkungan sekolah 0,389. Teknik analisis data  dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik dengan persentase. Populasi  dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA se-Kecamatan Pakem  yang berjumlah 212 siswa.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi dari faktor internal  pendukung pembelajaran permainan bolabasket siswa kelas XI SMA seKecamatan  Pakem sebesar 54,23%, sedangkan kontribusi dari faktor eksternal  sebesar 45,77%. Dari hasil tersebut, secara lebih rinci kontribusi dari masingmasing  indikator menunjukkan indikator jasmani siswa sebesar 18,57%, indikator  psikologi siswa sebesar 35,66%, indikator guru sebesar 24,20%, indikator sarana  dan prasarana sebesar 17,31%, serta indikator lingkungan sekolah sebesar 4,26%.