@phdthesis{UNY36930,
           title = {FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG PEMBELAJARAN
PERMAINAN BOLA BASKET SISWA KELAS XI
SMA SE-KECAMATAN PAKEM},
          author = {Andry Ferdian},
            year = {2016},
          school = {Fakultas Ilmu Keolahragaan},
        abstract = {Selama ini pemanfaatan faktor-faktor pendukung pembelajaran permainan
bolabasket di SMA se-Kecamatan Pakem belum optimal, padahal sekolah
memiliki faktor-faktor tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
seberapa besar faktor-faktor pendukung pembelajaran permainan bolabasket di
SMA se-Kecamatan Pakem.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data
menggunakan angket. Validitas instrumen diuji menggunakan korelasi momen
tangkar, sedangkan reliabilitas instrumen diuji menggunakan Alpha Cronbach.
Hasil perhitungan menunjukkan bahwa validitas instrumen mempunyai koefisien
korelasi paling rendah -0,34 dan koefisien korelasi paling tinggi 0,801; sedangkan
koefisien Alpha Cronbach reliabilitas untuk indikator jasmani yaitu 0,780,
indikator psikologi siswa 0,910, indikator guru 0,814, indikator sarana dan
prasarana 0,638, serta indikator lingkungan sekolah 0,389. Teknik analisis data
dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik dengan persentase. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA se-Kecamatan Pakem
yang berjumlah 212 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi dari faktor internal
pendukung pembelajaran permainan bolabasket siswa kelas XI SMA seKecamatan
Pakem sebesar 54,23\%, sedangkan kontribusi dari faktor eksternal
sebesar 45,77\%. Dari hasil tersebut, secara lebih rinci kontribusi dari masingmasing
indikator menunjukkan indikator jasmani siswa sebesar 18,57\%, indikator
psikologi siswa sebesar 35,66\%, indikator guru sebesar 24,20\%, indikator sarana
dan prasarana sebesar 17,31\%, serta indikator lingkungan sekolah sebesar 4,26\%.},
        keywords = {siswa, bolabasket, pendukung},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/36930/}
}