%I PGSD %D 2016 %T PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK SEJARAH PROKLAMASI KEMERDEKAAN PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD %L UNY36889 %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media komik bergambar yang layak digunakan oleh siswa kelas V semester II pada pembelajaran IPS pokok bahasan Sejarah Proklamasi Kemerdekaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan Borg&Gall. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini melalui lima tahapan, yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal, uji lapangan dan revisi produk, serta revisi produk akhir. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Bendungan I dan SDN Wiladeg, Karangmojo, Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, obsevasi, dan wawancara. Instrumen penelitian diperoleh dari hasil adopsi dan modifikasi beberapa penelitian sebelumnya. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Media komik pembelajaran yang dikembangkan telah layak untuk diterapkan dalam pembelajaran setelah mendapatkan penilaian baik dari hasil validasi ahli materi dan ahli media dengan skor masing-masing 4,07 dan 4,11. Selain itu, penilaian yang diberikan kepada siswa pada tahap uji lapangan terbatas memperoleh nilai baik dengan skor rata-rata 4,16 dan dalam uji lapangan luas juga memperoleh nilai yang baik dengan skor rata-rata 4,05. Media komik pembelajaran “Perjuangan Menuju Kemerdekaan Indonesia” mampu menarik minat dan motivasi siswa mempelajari sejarah proklamasi kemerdekaan, serta menambah variasi media pembelajaran IPS di kelas. Kata kunci : media komik pembelajaran, pembelajaran sejarah, sejarah proklamasi kemerdekaan %A Elis Tri Setyani