TY - THES PB - PGSD N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Jlaban Sentolo pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Jlaban Sentolo dengan jumlah 20 siswa. Objek penelitian yakni keterampilan berbicara siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif menggunaan deskriptif kualitatif dan secara kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa meliputi: 1) membaca, 2) diskusi kelas pakar, 3) laporan kelompok, 4) tes, dan 5) penghargaan kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya rerata nilai pada pra siklus 42,70 dengan persentase ketuntasan sebesar 30%, siklus I 70,25 dengan persentase ketuntasan sebesar 60%, dan siklus II 82,15 dengan persentase ketuntasan sebesar 85%. Kata Kunci: keterampilan berbicara, kooperatif jigsaw ID - UNY36887 Y1 - 2016/07/20/ TI - UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW KELAS IV SD NEGERI JLABAN SENTOLO AV - restricted M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/36887/ A1 - Pertiwi, Dewi Ratna ER -