%0 Thesis %9 S1 %A Witdiatmoko, Azis %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2016 %F UNY:36884 %I PGSD %T PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MENGGUNAKAN MEDIA VCD FILM KARTUN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SITIADI %U http://eprints.uny.ac.id/36884/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan menulis karangan narasi menggunakan media VCD film kartun pada siswa kelas V SD Negeri 1 Sitiadi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, yaitu dengan mencari rerata dan hasilnya dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan media VCD film kartun dapat meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan menulis karangan narasi. Proses pembelajaran menulis karangan narasi menunjukan keaktifan, antusias, dan perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat. Peningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siklus I sebesar 10,12, yang kondisi awal 59,13 meningkat menjadi 69,25 dan pada siklus II sebesar 17,91, yang kondisi awal 59,13 meningkat menjadi 77,04. Kata kunci: keterampilan menulis, karangan narasi, media VCD film kartun, Sekolah Dasar