@phdthesis{UNY36877, author = {Sri Suranti}, title = {PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV DI SD NEGERI 2 KALIPETIR KULONPROGO}, month = {July}, year = {2016}, school = {PGSD}, url = {http://eprints.uny.ac.id/36877/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan menerapkan strategi active learning tipe card sort untuk meningkatkan minat belajar siswa. Minat belajar siswa dilihat dari indikator antusias, rasa ingin tahu, partisipasi aktif, dan perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian dilaksanakan di SD N 2 Kalipetir dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini berkolaborasi dengan guru kelas IV. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan catatan lapangan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan active learning tipe card sort melalui langkah siswa memperoleh kartu kategori, mencari pasangan kartu kategori, berkelompok sesuai kategori dan berdiskusi, mempresentasikan hasil diskusi, dan guru bersama siswa merefleksikan materi yang dipelajari dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD N 2 Kalipetir. Hasil pengamatan pada pra tindakan sebanyak 4 siswa atau 16\% siswa memiliki minat belajar kategori baik. Tindakan pada siklus I telah berhasil meningkatkan minat belajar siswa dengan hasil sebanyak 21 siswa atau 84\% siswa mencapai minat belajar dalam kategori baik. Pembelajaran siklus II dilaksanakan dengan perbaikan berupa memperjelas petunjuk kegiatan, melakukan variasi kegiatan pencarian kartu kategori, dan presentasi. Hasil pengamatan yang diperoleh yaitu 100\% siswa mencapai minat belajar dalam kategori baik. Kata kunci: minat belajar, strategi active learning tipe card sort} }