TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan menggunakan media papan tempel gambar. Media papan tempel gambar digunakan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa serta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilakukan dua siklus. Siklus I terdiri atas 2 pertemuan, sedangkan siklus II terdiri atas 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIIA SD Negeri Tukangan yang berjumlah 28 siswa, Metode pengumpulan data penelitian meliputi: observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media papan tempel dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan telah berhasil meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IIIA SD Negeri Tukangan Yogyakarta. Peningkatan keaktifan belajar tersebut dicapai melalui dua siklus. Hasil tersebut ditunjukkan dari adanya peningkatan keaktifan belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa dari setiap siklus. Berdasarkan hasil observasi keaktifan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran dengan media papan tempel gambar diperoleh rata-rata keaktifan belajar siswa pada siklus I yaitu 57% yang kemudian meningkat pada siklus II menjadi 80%. Seluruh siswa sudah mencapai nilai KKM 66. Kata kunci: keaktifan belajar, pendidikan kewarganegaraan, media panpel gambar ID - UNY36866 A1 - Sageileppak, Martono PB - PGSD Y1 - 2016/07/20/ M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/36866/ AV - restricted TI - UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA ?PAPAN TEMPEL GAMBAR? MATA PELAJARAN PKN PADA SISWA KELAS III SD N TUKANGAN YOGYAKARTA ER -