%T PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA OBJEK LANGSUNG SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 NGERANGAN KECAMATAN BAYAT KABUPATEN KLATEN %D 2016 %I PGSD %L UNY36859 %A Dwi Nur Setiyaningsih %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran menulis karangan deskripsi dan meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan media objek langsung siswa kelas IV SD Negeri 1 Ngerangan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaborasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 19 siswa dan objek penelitian adalah keterampilan menulis karangan deskripsi. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan MC. Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media objek langsung dapat meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV. Media objek langsung yang digunakan jam dinding, handphone, laptop, bola plastik, kotak PPPK, dan lingkungan SD Negeri 1 Ngerangan. Peningkatan proses pembelajaran menulis karangan deskripsi terlihat pada keaktifan dan ketertarikan dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi. Peningkatan hasil keterampilan menulis karangan deskripsi pada kondisi awal sebesar 62,95 (cukup), naik 7,04 menjadi 69,99 (cukup) pada siklus I dan siklus II naik 6,27 menjadi 76,26 (baik). Sebesar 94,74% siswa mencapai nilai ≥70. Kata kunci: keterampilan menulis karangan deskripsi, media objek langsung, SD Negeri 1 Ngerangan.