eprintid: 36855 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/68/55 datestamp: 2016-07-20 08:02:00 lastmod: 2019-10-01 11:49:24 status_changed: 2016-07-20 08:02:00 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Johan Hengky Pradana, Johan Hengky Pradana title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 1 BERBAH ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report abstract: Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi. PPL bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar bisa melakukan praktik mengajar secara langsung dan dapat memperoleh pengalaman serta menyelesaikan permasalahan yang dihadapi langsung di dunia sekolah, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan. Kegiatan PPL ini juga berfungsi untuk melatih mental mahasiswa dalam menghadapi anak didik secara langsung, hal ini akan memberikan pengalaman yang lebih kepada peserta PPL dan memperluas wawasan dalam proses belajar-mengajar. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta secara langsung di sekolah selama kurang lebih 1 bulan (5 minggu) bulan mulai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Selama kegiatan PPL, mahasiswa praktikan turun langsung untuk mengajar didalam kelas. 6x pertemuan adalah target minimal yang harus dilakukan oleh mahasiswa. Sekolah yang dijadikan lokasi PPL adalah SMP N 1 Berbah. Disekolah ini mahasiswa memperoleh kepercayaan untuk mengampu empat (4) kelas, yang semuanya merupakan kelas VIII yaitu kelas VIII A, VIII B, VIII C, dan VIII D. Metode yang digunakan adalah Pendekatan Kontekstual, Diskusi, tanya Jawab, Dan Tugas merupakan metode yang dipilih untuk proses pembelajaran di kelas agar sesuai dengan tuntunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 yang memungkinkan guru lebih aktif memancing siswa untuk lebih aktif dan kreatif mengikuti pembelajaran. Dengan menggunakan alat peraga berupa gambar, alat dan bahan batik, serta LKS merupakan media yang digunakan untuk menarik perhatian siswa agar lebih aktif dan partisipatif dalam mengikuti pembelajaran. Banyak kendala yang dialami selama PPL, namun hal tersebut bukanlah penghalang yang besar bagi mahasiswa untuk dapat melaksanakan kegiatan PPL ini. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa praktikan dapat memperoleh bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang berbagai hal dan kegiatan yang terkait dengan dunia pendidikan khususnya di Sekolah. Kerja keras, keikhlasan dan disiplin merupakan kunci suksesnya pelaksanaan PPL ini. Pada akhirnya, dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta calon tenaga pendidik yang professional dan berkualitas untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik. Dan diharapkan kerjasama dan koordinasi antar pihak sekolah, universitas, dan mahasiwa dapat berjalan dengan lebih baik lagi. date: 2015 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Johan Hengky Pradana, Johan Hengky Pradana (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 1 BERBAH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/36855/1/COVER.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/36855/2/Kata%20Pengantar.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/36855/3/abstrak%20dan%20hal%20pengesahan.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/36855/4/BAB%20%20isi.pdf